Puti “Nebeng” Popularitas Risma?

Puti “Nebeng” Popularitas Risma?
2 minute read

Saat Car Free Day kemarin, warga Surabaya dikenalkan pada calon wakil gubernur Jatim, Puti Guntur Soekarno. Puti “nebeng popularitas Risma?


PinterPolitik.com

“Terinspirasi Bu Risma, saya dan Gus Ipul sudah bersepakat untuk menyulap aset-aset Pemprov Jatim yang belum teroptimalkan menjadi ruang publik baru yang benar-benar kami persembahkan untuk aktivitas warga.” ~ Puti Guntur Soekarno

[dropcap]B[/dropcap]agi warga Surabaya, bertemu dengan Walikota Tri Rismaharini atau Bu Risma, pasti sudah sangat terbiasa. Sebab walau menjabat sebagai kepala daerah Ibukota Jawa Timur ini, Bu Risma tak segan-segan untuk menyapu jalan bahkan membersihkan selokan di setiap sudut kota.

Tapi di acara Car Free Day (CFD), Minggu (22/1)  kemarin, Bu Risma datang tak sedirian tapi bersama seorang wanita muda cantik, yaitu Puti Guntur Soekarno. Di Taman Bungkul, salah satu kawasan taman terbaik di Surabaya, Bu Risma ternyata memang sengaja memperkenalkan Puti pada warganya.

Hmm, apakah ini kiat Puti untuk menarik simpati warga Surabaya melalui Bu Risma? Tentu saja, selain sesama kader PDI Perjuangan, Risma juga punya tanggung jawab untuk memenangkan Puti di Jawa Timur, khususnya di wilayah kekuasaannya tersebut. Jadi tak masalah dan tak perlu merasa berdosa kalau ikut nebeng pamor.


Selain tugasnya sebagai kader, memperkenalkan Puti pada warga Surabaya juga mungkin ibarat “bayar dosa” barangkali ya, bagi Bu Risma. Pasalnya, Puti itukan terpilih juga gara-gara Bu Risma menolak ‘amanat’ dari sang ketua umum. Sikapnya yang berani nolak ini, bahkan sempat disindir Wakil Sekjen PDI Perjuangan.

Bagi Bu Risma, memperkenalkan Puti bagi warga Surabaya mungkin jauh lebih mudah dan ringan, ketimbang harus memikul beban tanggung jawab untuk memimpin seluruh warga Jatim. Apalagi Puti juga bukan “orang sembarangan”,  karena tentu warga Surabaya juga akan senang dan bangga bisa salaman dan selfi dengan cucu Bung Karno.

Apalagi dihadapan para warga, Puti juga berjanji akan menjadikan Bu Risma sebagai panutannya, kelak bila dipercaya warga memimpin Jatim. Hmm, beneran nih?

Yakin bisa mengcopy sepak terjang Bu Risma? Enggak takut wajahnya yang  selalu menggunakan make-up tebal itu tertutup debu sewaktu menyapu jalan? Enggak takut bajunya yang mahal itu rusak sewaktu bersihin selokan, sampai masuk ke gorong-gorong jalan? Kita lihat saja nanti deh. (R24)