Punya Jubir Sendiri, Prabowo Eksklusif?

Dahnil Jadi Jubir Menhan Prabowo
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Dahnil Anzar Simanjuntak (Foto : Warta Kota - Tribunnews.com)
3 minute read

“Masa kita Gak Terima Gaji.” – Prabowo Subianto


 PinterPolitik.com

Ngomongin soal Prabowo Subianto, Menteri Pertahanan (Menhan) Indonesia yang baru itu sangat menarik. Memang masih menjadi misteri alasan sebenarnya pemilihan beliau sebagai Menhan oleh mantan rivalnya, Jokowi. Tapi kali kita gak akan ngomongin itu.

Yang mau dibahas itu adalah betapa berbedanya Prabowo sebagai satu-satunya menteri di Kabinet Indonesia Maju yang punya juru bicara. Tentunya tiap kementerian punya juru bicara, tapi itu kementerian buat menteri mah ajudan atau asisten.

Nah, Prabowo ini bisa dikatakan sebagai menteri yang eksklusif karena beliau baru-baru ini nunjuk Dahnil Anzar Simanjuntak buat jadi juru bicara pribadinya. Sebagai juru bicara, Dahnil Anzar ini berwenang atas bidang komunikasi publik yang fokus di area sosial ekonomi dan hubungan antar lembaga.


Penunjukan Dahnil ini agaknya bikin publik heran ga heran karena Dahnil sendiri kan udah pernah jadi Koordinator Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN). Herannya Dahnil ini kan pernah kasih info Prabowo gak ngambil gaji sebagai Menhan. Sontak banyak perdebatan tentang tindakan ini etis atau engga. Pendukung Prabowo pun memuja beliau dengan niat tulusnya untuk mengabdi kepada bangsa.

Plot twist keesokan harinya Prabowo menepis kabar tersebut dan bilang kalo sebagai Menhan tentu dia kan ngambil gajinya. Dahnil pun tak keabisan akal untuk membela dirinya dengan berdalih kalo Prabowo ngambil gaji karena ada aturan yang mengharuskan beliau. Bisa aja ngelesnya, Prabowo mah gausah dibela toh pendukungnya tetap setia entah Prabowo terima atau engga gajinya.

Yang jadi pertanyaan tu ya Dahnil-nya. Kenapa dia bisa diangkat jadi juru bicara Menhan kalo pernah bikin info yang perlu diralat seperti itu? Memang sih itu misteri, tapi hal lain yang juga jadi perhatian adalah latar belakang Dahnil.

Menurut Pengamat Militer Connie Rahankundini Bakrie, penunjukan Dahnil jadi Juru Bicara Prabowo tu gak pas karena Dahnil bukan berasal dari kalangan militer. Pasalnya menurut Connie masalah militer itu sensitif kerahasiaannya. Kenapa tiba-tiba muncul Dahnil jadi juru bicara? Sudah pernah salah kasih info, sekarang dia tahu urusan sensitif negara.

Tapi agaknya ini gak masalah buat Prabowo. Pasalnya Jokowi sendiri gak komentar dan kayaknya kritik terhadap penunjukan Dahnil juga tak tajam. Saya pun bertanya apa karena Menhannya Prabowo, makanya semua pada nyantai atau malah ternyata gak berani.

Rupanya memang Prabowo ini unik, karena walaupun pengangkatan Dahnil punya faktor-faktor seperti itu, toh tak ada yang komentar pedas. Tapi saya agak khawatir nih terhadap Pak Prabowo dan Kemenhan kalo Dahnil salah ucap. Biar unik tetap hati-hati ya Pak Prabowo. (M52)

► Ingin lihat video menarik lainnya? Klik di bit.ly/PinterPolitik

Ingin tulisanmu dimuat di rubrik Ruang Publik kami? Klik di bit.ly/ruang-publik untuk informasi lebih lanjut.

Baca juga :  Mempertanyakan Pendirian Indonesia Aid