PKS Ingin Raup Suara Ulama?

PKS RUU Perlindungan Ulama
Presiden PKS Sohibul Iman (Foto: Hendro Susilo Husodo/Pikiran Rakyat)
3 minute read

“We speak in different voices when fighting with the ones we’ve loved,” – Saosin, Voices


PinterPolitik.com

PKS sepertinya belakangan ini tak kehilangan cara untuk mewarani portal berita online. Selama beberapa waktu terakhir, PKS seolah terus menikmati sorotan lampu kepada mereka seiring dengan manuver politik yang mereka lancarkan.

Di antara manuver tersebut, ada satu langkah yang sifatnya berbau kebijakan, alih-alih berupa negosiasi politik semata. Berdasarkan kabar terakhir, partai yang identik dengan kaum muslim perkotaan ini telah mendorong RUU Perlindungan Ulama ke dalam program legislasi nasional (Prolegnas).

Memangnya apa sih RUU Perlindungan Ulama ini? Kalau menurut Ketua Fraksi PKS DPR RI Jazuli Juwaini, tujuan RUU tersebut adalah agar para ulama dilindungi dan dimuliakan posisinya. Ia kemudian menyebutkan posisi ulama yang memang dimuliakan secara religius.

Hmmm, memang sih ulama itu perlu dihormati karena tingginya pemahaman agama mereka. Tapi, sepertinya banyak masyarakat yang khawatir dengan RUU yang diajukan oleh PKS.

Ada pertanyaan misalnya begini, bukankah semua warga negara Indonesia ini setara di mata hukum? Apakah PKS melalui RUU Perlindungan Ulama ini jadi warga negara yang lebih istimewa karena ada perlindungan khusus? Apakah PKS ingin membuat ulama jadi lebih kebal hukum ketimbang warga negara lain?

Sekali lagi, tidak ada yang menolak kalau para ulama itu memang perlu dihormati dalam kehidupan karena tingginya keilmuan mereka. Pertanyaan di atas tidak dimaksudkan untuk menista atau merendahkan loh.

Tapi kan, ada Pasal 27 UUD 1945 yang menyatakan kalau semua warga negara itu sama kedudukannya di mata hukum. Nah, apakah PKS mau mengajukan undang-undang yang berpotensi bertentangan dengan UUD?

Hmmm, mari coba kita persempit ke PKS-nya aja deh, biar aman. Kenapa ya kira-kira PKS sampai harus mendorong RUU itu? Iya sih, PKS memang berhaluan Islam, tapi kalau dikaitkan dengan kondisi riil sekarang, mungkin gak sih ada niatan lain dari partai ini?

Coba misalnya kita kaitkan dengan sikap politik PKS saat ini. Mereka kan saat ini beroposisi kepada pemerintah. Di saat bersamaan, kubu Islam konservatif terutama kelompok 212 juga mengambil sikap kritis kepada pemerintah. Nah, apakah PKS ingin meraup suara ulama golongan tersebut melalui RUU Perlindungan Ulama?

Ya, memang sih gak pernyataan resmi PKS soal hal itu. Yang jelas, kayaknya PKS harus melihat dengan serius jangan sampai RUU yang didorong membuat masyarakat jadi tidak setara. Apalagi, kalau misalnya ternyata motif elektoral beneran jadi motivasinya. Masa sih, mengorbankan posisi warga di mata negara hanya demi suara? (H33)

► Ingin lihat video menarik lainnya? Klik di bit.ly/PinterPolitik

Ingin tulisanmu dimuat di rubrik Ruang Publik kami? Klik di bit.ly/ruang-publik untuk informasi lebih lanjut.