Petuah Sandiaga Soal Hoaks

sandiaga uno
Sandiaga Uno. (Foto: IDN Times)
2 minute read

“Aku bukan artis pembuat berita tapi memang aku selalu kabar buruk buat para penguasa.” ~Wiji Thukul


PinterPolitik.com

Calon wakil presiden nomor urut 02 baru aja memberikan wejangan nih. Konon nasihatnya kali ini terinspirasi dari beredarnya berita hoaks soal ditemukannya tujuh kontainer surat suara yang sudah dicoblos dari Tiongkok.

Abang ganteng kita satu ini bilang, sekarang banyak masyarakat yang nggak percaya dengan demokrasi di Indonesia. Karena apa? Karena hoaks.

Huffttt, emang ya, negara kita saat ini seperti sedang kehujanan isu hoaks. Dan itu akhirnya membuat perpecahan dan membentuk citra yang buruk tentang demokrasi kita. Belum lagi pernyataan-pernyataan para politisi kita di media massa yang suka memanas-manasi.

Kayaknya cuma Indonesia penyebab pemanasan global bukan karena emisi karbon, tapi karena kelakuan para elite politiknya. Wkwkwkwk, bisa ae.


Ngomong-ngomong awal tahun kemarin Fadli Zon juga pernah bilang kalau demokrasi di negara kita ini memalukan. Faktor-faktor yang disebutkan bejibun. Ehhh, tapi kalau emang negara kita nggak demokratis, orang-orang macam Bang Fadli gini harusnya udah lenyap dari muka bumi kan? Tapi kok masih suka cuap-cuap panas di media aja. Hehe, Alhamdulillah, berarti demokrasi Indonesia masih aman.

Negara kita sedang banyak bencana, salah satunya badai hoaks. Click To Tweet

Oh ya soal demokrasi, Sandiaga cerita, katanya doi telah turun di hampir 990 titik di Indonesia dan ditemukan banyak sekali yang nggak percaya dengan proses demokrasi kita. Menurutnya, kondisi tersebut sudah mengerikan. Jadi jangan ditambah lagi dengan berita tidak benar.

Karena itu, Sandi memohon semua pihak untuk berhenti menyebarkan berita yang belum tentu kebenarannya. Doi juga meminta masyarakat untuk lebih bijak dalam menyebarkan informasi di media sosial atau aplikasi obrolan.

Baca juga :  Menunggu Langkah Radikal Nadiem

Ehmm, tunggu sebentar. Pak Andi Ariefnya ada? Hallooo? Moon maap, sepertinya beliau harus mendengar nasihat dari Abang ganteng satu ini. Hehehe.

Lagipula teknologi sekarang itu diciptakan bukan untuk menyebarkan kabar burung. Kalau kabar mantan yang udah bahagia sama pacarnya masih nggak apa-apalah, walau tidak berguna. Hihihihi.

Jadi gitu ya teman-teman. Kalau punya kabar tentang suatu masalah, kalau belum tentu benar jangan langsung disebarkan begitu saja. Selain bikin gaduh, itu juga bisa membuat kamu berurusan dengan polisi loh. Emang mau? (E36)