Petuah Djarot untuk Anies

Syarat Tambahan untuk Pendamping Anies
Anies Baswedan bersama Sandiaga Uno ketika masih berkampanye untuk Pilkada DKI Jakarta 2017. (Foto: Twitter/@aniesbaswedan)
3 minute read

“Batman, you need us” – Barbara Gordon, The LEGO Batman Movie (2017)


PinterPolitik.com

Awal tahun 2020 ini mungkin menjadi salah satu ujian terberat bagi Jakarta, termasuk untuk Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Pasalnya nih, hampir seluruh wilayah ibu kota terdampak oleh bencana banjir.

Selain masyarakat yang kebanjiran, Pak Anies ternyata juga kebanjiran, yakni kebanjiran kritik dan hujatan. Bagaimana tidak? Setelah peristiwa banjir tersebut, banyak warganet dan publik menilai kinerja Pak Gubernur kurang baik dalam mencegah air bah.

Pada akhirnya, di tengah-tengah situasi bencana ini, Pak Anies banyak melakukan blusukan guna melakukan inspeksi dan menemui para korban di berbagai titik banjir di wilayah yang dipimpinnya ini. Namun, ada yang tampaknya kurang dari kunjungan-kunjungan Pak Gubernur, yakni pasangannya alias Wakil Gubernur.

Kesendirian Pak Anies dalam menjalani hari-hari sulit ini tampaknya berujung pada beban berkelanjutan. Dalam mengarungi Jakarta kala banjir, beliau sampai-sampai dinilai kewalahan.


Ya, segala sesuatu mungkin memang berat bila dijalani dalam kesendirian. Bagaikan kisah Tom Hansen dalam film 500 Days of Summer (2009), kesedihan kembali menghantuinya kala Summer Finn memutuskan untuk meninggalkannya.

Begitulah manusia yang memang saling membutuhkan satu sama lain. Seperti orang-orang bilang, truk saja memiliki gandengan, apalagi manusia yang penuh emosi.

Melihat kesendirian Anies, Djarot Saiful Hidayat mungkin paham. Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu menilai kalau tugas Pak Anies yang dijalankan sendiri memang berat. Maka dari itu, beliau menilai kalau posisi wakil gubernur perlu diisi segera.

Meski begitu, layaknya teman yang baik, Pak Djarot kembali lagi menyerahkan keputusan itu pada Anies – dan (jangan lupa) partai-partai pengusungnya. Beliau tak masalah bila Anies lebih nyaman menjadi single.

Ya, walaupun misalnya Pak Anies lebih nyaman sendirian, bukan nggak mungkin beliau tetap butuh bantuan. Coba lihat Batman. Dalam film The LEGO Batman Movie (2017), superhero asal Gotham itu menyebut dirinya lebih suka bekerja sendirian dalam membasmi kejahatan.

Padahal nih ya, Batman juga banyak dibantu oleh rekan-rekannya, seperti Alfred Pennyworth, Komisioner James Gordon, dan Barbara Gordon (Oracle). Selain mereka, superhero berlambang kelelawar ini juga punya rekan sidekick loh, yakni Robin yang individunya juga berganti-ganti.

Hmm, kalau Batman yang tangguh saja masih butuh sidekick dan rekan-rekannya, bagaimana dengan Pak Anies? Apa Pak Djarot ingin membantu Pak Gubernur (lagi) nih? Ya, siapapun orangnya – yang jelas – posisi wagub bisa saja memang penting – colek Gerindra-PKS. Hehe. (A43)

► Ingin lihat video menarik lainnya? Klik di bit.ly/PinterPolitik

Ingin tulisanmu dimuat di rubrik Ruang Publik kami? Klik di bit.ly/ruang-publik untuk informasi lebih lanjut.