PDIP Siap Hadapi Sandiaga?

PDIP parliamentary threshold
DPP PDIP (Foto: Sumselterkini)
2 minute read

“Tetaplah bersamaku jadi teman hidupku, berdua kita hadapi dunia,” – Tulus, Teman Hidup


PinterPolitik.com

Spekulasi soal masa depan Sandiaga Uno di Pilpres 2024 sepertinya terus bermunculan ya. Bukannya apa-apa, berbagai pembicaraan jadi wajar bergulir karena pernyataan Sandiaga dan 2024 ini pertama kali diungkapkan oleh sosok sekelas Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Berbagai pembicaraan kemudian tak hanya berputar di lingkaran Sandiaga Uno aja. Belakangan, soal kemungkinan lawan Pak Sandiaga juga mulai banyak dibahas. Salah satunya adalah soal kemungkinan Pak Sandiaga bakal menandingi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Ternyata, pembicaraan soal Pak Sandiaga dan 2024 ini juga ditanggapi oleh PDIP. Dalam konteks itu, salah satu politisi PDIP Deddy Sitorus menanggapi kabar tersebut dengan menyebut kalau partai berlogo banteng itu masih punya kader unggulan buat berlaga di 2024.

Siapa aja ya yang dimaksud?


Kalau menurut Pak Deddy, kader unggulan yang dimaksud adalah Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, Ketua DPR RI Puan Maharani, dan nama-nama lainnya. Hmmm, nama-nama yang lumayan mentereng ya.

Nah, apakah ini berarti PDIP sudah siap kalau menghadapi Sandiaga Uno? Bukannya apa-apa, nama Pak Sandiaga ini kan lumayan moncer sejak Pilpres 2019 lalu. Bisa dibilang, momentum mantan wagub DKI Jakarta itu sempat meninggi akibat gelaran tersebut.

Di lain pihak, nama-nama seperti Pak Ganjar, Bu Risma, dan Bu Puan juga tergolong mapan dalam politik Indonesia. Dalam kadar tertentu, mereka bisa aja jadi lawan sepadan andaikata Pak Sandiaga beneran melaju di Pilpres 2024. Makanya, pertanyaan apakah PDIP siap menghadapi Sandiaga Uno mungkin bisa diajukan kalau melihat head to head semacam itu.

Di luar itu, kan nama Pak Sandiaga Uno ini jadi dibicarakan setelah Pak Jokowi menyapa mantan Ketua HIPMI itu. Memang sih, gak ada kata-kata spesifik kalau Pak Jokowi ini mendukung atau mendorong Pak Sandiaga untuk melaju di 2024.

Meski demikian, tetap aja hal itu tidak mengurangi fakta kalau Sandiaga Uno dan 2024 pertama kali mengemuka dari Pak Jokowi. Dari hal itu, apakah pernyataan Pak Deddy soal kandidat dari PDIP ini bisa diartikan PDIP siap menghadapi sosok yang dikemukakan Pak Jokowi?

Ya, gak tahu juga. Toh 2024-nya juga masih lama. Terlepas dari hal itu, kalau nama-nama yang disebut di atas beneran maju, Pilpres 2024 kemungkinan besar bakalan seru banget. Kita tunggu aja ke depannya bakal seperti apa. (H33)

► Ingin lihat video menarik lainnya? Klik di bit.ly/PinterPolitik

Ingin tulisanmu dimuat di rubrik Ruang Publik kami? Klik di bit.ly/ruang-publik untuk informasi lebih lanjut.