PAN si ‘Partai Galau’

PAN pilih jokowi atau prabowo - pilihan pan
Dewan Kehormatan PAN Amien Rais (Foto TEROPONGSENAYAN.com)
2 minute read

“Moveon itu Pilihan. Gagal Moveon itu cobaan. Dan pura-pura Moveon itu pencitraan” ~ Vergi Crush


PinterPolitik.com

[dropcap]G[/dropcap]aess, kalian pernah ngerasain yang namanya galau nggak? Kira-kira obat galau yang ampuh apa ya?

Ngomong-ngomong soal galau, kayaknya PAN juga lagi galau deh, bingung mau tetap berkoalisi mendukung petahana atau pindah kongsi belok mendukung Prabowo.

Lah, kemarin bukannya udah keliatan klop banget Prabowo? Ya, tadinya eike juga mikir gitu. Tapi nih, tetiba ada penerawangan menarik dari pengamat politik UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Adi Prayitno yang bilang kalau PAN sebenarnya sedang dirundung dilema.

Emang waktu itu Ketum PAN Zulkifli Hasan sudah mengatakan kepada Joko Widodo (Jokowi) akan mengusung capres lain. Tapi ya gengss, dalam pertemuan dengan Ketum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), PAN masih terlihat ragu-ragu juga. Kalo emang udah cocok, kan harusnya sekarang udah ada pengumuman kalau mereka berkoalisi. Nyatanya belum ada tuh…


Adi Prayitno melihat kalau PAN sebenarnya masih menyimpan hasrat untuk tetap bergabung dengan petahana. Tapi sayangnya, keinginan tersebut harus terbentur dengan elite partai yang mulai berseberangan dengan pihak Jokowi, seperti Amien Rais, Yandri Susanto, Hanafi Rais, dan lain-lain.

Wahh, cukup rumit juga sih kalo itu bener. Ibarat udah pacaran lama, udah menghabiskan banyak waktu bareng, eh tahu-tahu orang tua nggak ngerestuin, terus ngejodohin sama orang lain yang belum tentu lebih baik. Gimana braaayy rasanya?

Eehh, tapi sekali lagi, ini hanya pendapat pengamat lho ya. Jangan langsung heboh dulu. Soalnya pengamat Adi juga punya kemungkinan kedua.

Melihat pertemuan yang dilakukan PAN dengan Demokrat di Bogor selama dua malam itu, ia juga mengindikasikan kecendrungan PAN tak lagi bersama Jokowi dalam dua periode.

Yaa, sampai saat ini PAN belum benar-benar menunjukkan dukungannya sih. Kalau yang terlihat, selama ini PAN masih sebatas memberikan penawaran pada kubu Prabowo. Padahal waktunya udah mepet banget kan?

Ihhh, kalau menurut eike sih PAN kelamaan ngambil keputusannya. Nanti kalo jadi basi bukannya sayang, ya? Atau mungkin sebenarnya PAN masih menunggu kemungkinan ada revisi peraturan pilpres tentang persyaratan presidentian threshold 0%? Mau ngajuin calon sendiri gitu ya? Oke, kita tunggu aja tanggal mainnya yaaa. Hihihi (E36)