PAN Ikut Main TikTok?

PAN Ikut Main TikTok
Suasana Kongres V PAN yang berakhir ricuh dengan aksi saling lempar kursi. (Foto: Antara)
2 minute read

“Got ’em all dancing on TikTok” – Sueco the Child, penyanyi rap asal Amerika Serikat


PinterPolitik.com

Akhir-akhir ini, siapa sih yang nggak ikutan bermain TikTok? Aplikasi buatan perusahaan asal Beijing, Tiongkok, yang bernama ByteDance ini kini kian mendapat perhatian dari khalayak umum Indonesia.

Dengan layanan video pendek yang disertai dengan musik dan efek tertentu, TikTok dengan pesat menjadi salah satu aplikasi yang paling diminati. Tak jarang, konten-konten lucu yang dibuat dalam aplikasi ini acap kali juga muncul di lini masa media-media sosial lainnya, seperti Twitter dan Instagram.

Hmm, konten video komedi seperti ini memang udah menjadi jagonya warganet-warganet Indonesia. Bagaimana tidak? Sebuah video joget yang berlatar mirip dengan venue kegiatan Kongres V Partai Amanat Nasional (PAN) muncul di TikTok dan tersebar di Twitter.

Eits, tapi, orang-orang video dalam video tersebut bukan orang-orang yang hadir sebagai peserta Kongres V PAN deh kayaknya. Kabarnya sih, video tersebut dibuat oleh pegawai-pegawai hotel yang ingin menyindir kericuhan yang terjadi pada kongres kemarin.

Ya, mungkin, para pekerja hotel itu kesal. Hehe. Bagaimana tidak? Ruangan yang digunakan dalam Kongres V PAN itu bukan tidak mungkin menjadi berantakan setelah aksi lempar tersebut. Ya, kan?

Selain itu, video itu juga diunggah ulang oleh beberapa politisi di media sosial. Salah satunya adalah politikus Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Muhammad Guntur Romli yang mengunggahnya ke halaman Facebook miliknya. Wah, bisa-bisa, makin di-bully tuh PAN kalau makin viral dan makin banyak yang upload ke medsos.

Hmm, dengan viralnya video seperti ini, bukan tidak mungkin Ketum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) makin kerepotan nih. Bukan hanya karena harus melakukan rekonsiliasi dengan beberapa pihak seperti Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais dan Mulfachri Harahap, melainkan juga bagaimana citra PAN di masyarakat.

Atau, Pak Zulhas dan kawan-kawan boleh nih mencoba mengikuti video challenge TikTok yang baru viral ini. Barang kali, PAN bisa semakin lebih dekat dengan kelompok yang banyak disebut orang sebagai milenial dan generasi Z. Lumayan, kan? Hehe. (A43)

► Ingin lihat video menarik lainnya? Klik di bit.ly/PinterPolitik

Ingin tulisanmu dimuat di rubrik Ruang Publik kami? Klik di bit.ly/ruang-publik untuk informasi lebih lanjut.