OTT KPK Pertama, First Blood!

OTT KPK Pertama First Blood
Bupati Sidoarjo Saiful Ilah usai menjalani pemeriksaan awal di Polda Jawa Timur. (Foto: Antara)
3 minute read

“And that’s when I drew my first blood” – Joey Bada$$, penyanyi rap asal Amerika Serikat


PinterPolitik.com

Sejak sebelum dilantik, pimpinan-pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menuai kritik. Bahkan, nama-nama mereka telah dikritik semenjak belum ada nama resmi yang dipilih oleh Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Ketidakpuasan publik dan pegiat anti-rasuah tampaknya malah mengemuka nih setelah akhirnya beberapa nama yang dianggap bermasalah terpilih untuk memimpin KPK. Belum lagi, revisi Undang-Undang (UU) KPK sempat mengundang gelombang demonstrasi pada September 2019 lalu.

Kekecewaan itu masih tinggal nih sampai para pimpinan KPK – bersama dewan pengawas – dilantik oleh Presiden Joko Widodo pada Desember 2019 lalu. Indonesia Corruption Watch (ICW) misalnya, langsung mengkritik KPK yang dipimpin Firli Bahuri dan kawan-kawan ini dan menganggap mereka sebagai pimpinan KPK yang buruk.

Hmm, mendengar kritik ICW, Firli Cs bisa aja nggak terima nih. Kan, mereka baru terpilih dan belum mulai bekerja. Kabarnya, para penyidik KPK juga sedang sibuk berlibur tuh pada akhir tahun lalu.


Tapi nih, KPK yang dipimpin Firli Cs ini kabarnya baru saja ngejalanin comeback mereka. Pasalnya nih, pada awal Januari ini, Bupati Sidoarjo Saiful Ilah dikabarkan telah terjaring operasi tangkap tangan (OTT) KPK yang pertama pada tahun 2020.

Wah, kalau dalam beberapa game komputer seperti Dota 2 dan Mobile Legends, gebrakan KPK ini boleh jadi bisa disebut sebagai first blood mereka nih. Bravo lah ya buat KPK untuk kali ini.

Oh iya, kalau ngomongin soal game, musuh kita biasanya nggak cuma satu lho – apalagi kalau lagi main bareng (mabar). Kalau Pak Saiful menjadi first blood-nya KPK, siapa ya yang berikutnya bakal jadi double kill, triple kill, atau killing spree-nya kira-kira?

Mungkin, Pak Firli bisa coba melirik ke kasus-kasus lainnya tuh. Kasus skandal Surat Keterangan Lunas Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (SKL BLBI) misalnya, udah pernah dititipin oleh KPK yang dipimpin Agus Rahardjo agar bisa dilanjutkan di kemudian hari.

Selain itu, bisa juga kasus Jiwasraya yang kini tengah ramai dibicarakan oleh banyak orang dan media tuh, Pak. Apalagi, jumlah kerugiannya disebut-sebut besar lho.

Ya, kita berharap KPK tetap bisa nih membongkar kasus-kasus korupsi yang belum terungkap. Semoga saja Pak Firli dkk dapat mencapai killing spree atas kasus-kasus korupsi, apalagi kasus-kasus yang besar. Biar bisa jadi pro dan nggak dibilang noob lagi. Hehe. (A43)

► Ingin lihat video menarik lainnya? Klik di bit.ly/PinterPolitik

Ingin tulisanmu dimuat di rubrik Ruang Publik kami? Klik di bit.ly/ruang-publik untuk informasi lebih lanjut.