Nostalgia Cak Imin dan KPK

Cak Imin KPK
Muhaimin Iskandar (Foto: Medcom)
2 minute read

“Ku terjebak di ruang nostalgia,” – Raisa, Terjebak Nostalgia


PinterPolitik.com

Bosan gak sih mendengar berita tentang politisi yang dipanggil ke KPK? Kayaknya hampir setiap hari ada aja sosok aktor politik yang harus diperiksa oleh komisi anti-rasuah tersebut. Eh, tapi bosannya cukup di perkara bosan dengar banyak politisi korup aja ya, jangan bosan dengan berbagai ikhtiar memberantas korupsi.

Nah, kalau misalnya politisi yang cukup tenar yang dipanggil KPK bosan juga gak? Kalau misalnya sosok sekelas ketua umum partai yang diundang ke Kuningan, masih mau dengar dan baca beritanya gak?

Jadi, beberapa waktu lalu, Ketua Umum PKB sekaligus Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar ini baru aja dipanggil oleh KPK. Sosok yang kerap dipanggil Cak Imin itu rencananya akan diperiksa dalam kasus suap terkait proyek Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Tahun Anggaran 2016.

Meski demikian, Cak Imin ternyata belum bisa menghadiri panggilan dari lembaga anti korupsi tersebut. Oleh karena itu, KPK merencanakan akan segera memanggil kembali mantan Menteri Tenaga Kerja tersebut.


Sebelum berburuk sangka, Cak Imin ini sendiri belum ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus tersebut. Jadi ya Ketum PKB dengan masa jabatan terlama ini belum bisa diberikan penilaian macam-macam dulu.

Terlepas dari hal itu, pemanggilan Cak Imin oleh KPK ini mungkin akan memutar kembali memori tentang sejarah Cak Imin dan KPK. Dulu, ketika masih menjadi menteri, Cak Imin ini pernah dikaitkan dengan kasus korupsi yang kerap disebut sebagai kasus kardus durian.

Nah, kasus ini sendiri meski sempat membikin heboh banyak orang, ternyata tak sempat berjalan lebih lanjut, khususnya untuk Cak Imin. Padahal, dalam kasus itu Cak Imin disebut-sebut akan menerima suap yang dibungkus dalam kardus durian, meski kemudian dia membantahnya berkali-kali.

Merujuk pada riwayat tersebut, pemanggilan Cak Imin kembali oleh KPK ini boleh jadi semacam nostalgia buatnya. Dulu pernah diusik-usik keterlibatannya oleh KPK dan kini hal itu kembali terulang.

Yang jadi pertanyaan kemudian adalah, apakah pemanggilan Cak Imin oleh KPK saat ini akan menguap begitu saja seperti kasus kardus durian? Ya, kita tunggu aja ya seperti apa kisah ini nanti akan berlangsung. (H33)

► Ingin lihat video menarik lainnya? Klik di bit.ly/PinterPolitik

Ingin tulisanmu dimuat di rubrik Ruang Publik kami? Klik di bit.ly/ruang-publik untuk informasi lebih lanjut.