Nasib Anies Tangani Banjir Sendirian

Anies Banjir 2020
Anies Baswedan (Foto: twitter.com/DKIJakarta)
2 minute read

“Masak, masak sendiri. Makan, makan sendiri. Cuci baju sendiri, tidurku sendiri,” – Caca Handika, Angka Satu


PinterPolitik.com

Sepertinya, perkara banjir Jabodetabek di awal tahun 2020 ini jadi perkara yang benar-benar menguras energi buat banyak orang. Mau itu warga terdampak, relawan, netizen, hingga para pejabat terkait sama-sama mencurahkan tenaga dan pikiran dalam menangani banjir tersebut.

Di antara banyak pejabat, Gubernur DKI Jakarta mungkin jadi salah satu yang lumayan banyak menguras energinya buat perkara banjir 2020 ini. Soalnya, selama beberapa waktu terakhir, mantan Mendikbud ini tampak masih mewarnai pemberitaan media melalui langkahnya terkait banjir tersebut.

Mungkin berkali-kali sudah Pak Anies keluar masuk kampung untuk meninjau lokasi terdampak banjir. Ia juga sempat melakukan pengecekan ke berbagai infrastruktur penangkal banjir. Selain itu, ia juga tampak masih ikut kegiatan bersih-bersih sisa banjir.

Di luar itu, ia juga kerap dihujani kritik dalam mengatisipasi datangnya air bah di awal tahun 2020 ini. Perkara seperti anggaran banjir yang dipangkas, hingga perdebatan soal normalisasi dan naturalisasi sungai menjadi santapan hari-hari bagi telinga Pak Anies.


Nah, di antara berbagai langkahnya menghadapi banjir tersebut. sebenarnya ada satu hal yang bisa disoroti. Hal yang dimaksud adalah fakta kalau Pak Anies berjibaku dengan berbagai urusan terkait banjir itu secara sendirian.

Ya, di awal tahun 2020 ini, Pak Anies masih belum juga mendapatkan wakil gubernur. Akibatnya, berbagai hal yang biasanya bisa dilakukan pembagian tugas, hingga saat ini belum bisa dilakukan termasuk banjir di awal tahun ini.

Coba kalau misalnya PKS dan Gerindra yang punya andil dalam menentukan wagub ini sudah bersepakat sejak dulu, mungkin Pak Anies bisa bagi tugas dengan wagubnya untuk turun ke lokasi-lokasi terdampak. Tak hanya itu, ia juga mungkin bisa membagi telinga dengan sang wagub tatkala dihujani kritik bertubi.

Nah, dari berbagai hal tersebut, mungkin gak ya ada rasa rindu dari Pak Anies kepada wagubnya yang terdahulu, Sandiaga Uno? Soalnya kan, keduanya tampak mencoba saling mengisi sebelum akhirnya Pak Sandiaga berlaga di Pilpres 2019.

Hmmm, isi hati orang gak ada yang tahu. Yang jelas, kayaknya Pak Anies akan mendapat banyak manfaat kalau punya pendamping di saat genting seperti saat ini. Semoga aja di waktu dekat Pak Anies segera punya wakil seperti Pak Sandiaga untuk menemaninya di kala sulit seperti sekarang ini. (H33)

► Ingin lihat video menarik lainnya? Klik di bit.ly/PinterPolitik

Ingin tulisanmu dimuat di rubrik Ruang Publik kami? Klik di bit.ly/ruang-publik untuk informasi lebih lanjut.