Naik Kelas, Risma Jadi Menteri?

Naik Kelas, Risma Jadi Menteri?
Tri Rismaharini (Foto: Teknologi Id)
3 minute read

“Inovasi membedakan antara pemimpin dan pengikut.” – Steve Jobs


PinterPolitik.com

Dipilih jadi Ketua DPP PDIP Bidang Kebudayaan, membuat Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini seolah udah naik kelas nih. Cie cie.

Kira-kira kalau lulus dari kelas DPP PDIP, Risma naik ke kelas yang mana lagi ya? Mungkin nggak ya dia bisa jadi kayak Pak Jokowi suatu saat nanti?

Kalau Pak Jokowi itu kan berhasil naik kelas dari Wali Kota Solo, lalu jadi Gubernur DKI Jakarta. Terus karena dia punya prestasi yang baik dalam menarik hati masyarakat dengan kesederhanaannya itu, makanya dia naik kelas lagi jadi Capres 2014 deh.

Eitss. Tapi itu kan Jokowi. Ini Bu Risma loh ya. Nggak bisa disama-samain dong. Kakak beradik yang sedarah aja belum tentu mau dibanding-bandingkan. Iya nggak? Lha apalagi ini dua orang yang nggak ada hubungan darah.


Walaupun mereka sama-sama pernah jadi wali kota yang diusung PDIP di kota-kota besar di Pulau Jawa, tapi ya belom tentu juga dong kalau Risma mau jadi Gubernur DKI Jakarta atau jadi capres di periode mendatang.

Waktu itu Ketua DPRD Bestari Barus pernah mau dukung Risma maju jadi Gubernur DKI Jakarta. Sementara responnya Bu Risma cuma bilang kalau Pilkada DKI Jakarta masih lama dan dia masih mau tuntaskan kerjaannya di Surabaya aja.

Malahan Risma juga pernah cerita kalau dia ini takut loh buat berdoa minta jadi Gubernur DKI Jakarta.

Eh, tapi jangan pada kecewa ya gengs.

Soalnya meskipun Wali Kota Surabaya ini secara halus menolak tawaran jadi Gubernur DKI Jakarta, ternyata Bu Risma punya peluang besar untuk bisa jadi menteri Jokowi untuk kabinet jilid II mendatang.

Pasalnya Risma ini adalah perempuan pertama yang menjadikan sampah di Surabaya sebagai kompos untuk sumber energi listrik. Dan dia juga pernah berinisiatif menjadikan botol plastik sebagai alat pembayaran Bus Suroboyo.

Wow. Kalau semua Gubernur kayak Bu Risma, hilanglah sampah dari Indonesia. Hehehe.

Nah, kalau melihat prestasinya Bu Risma dalam menanggulangi sampah plastik, kayaknya cocok deh beliau ini menjabat sebagai Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK).

Tapi, ibarat mau naik kelas dari SMA ke Universitas lewat jalur SBMPTN yang susahnya minta ampun, apalagi ini kalau mau naik kelas ke Menteri LHK ya. Selain akseptabiitasnya, pasti persaingan dalam hal kepentingan politiknya juga keras banget.

Makanya nih saran aing Bu Risma musti pintar-pintar merebut hatinya Bu Megawati supaya bisa di-backup naik ke kelas selanjutnya alias jadi Menteri LHK. Upss. (R50)

Mau tulisanmu terbit di rubrik Ruang Publik kami? Klik di http://bit.ly/ruang-publik untuk informasi lebih lanjut.