Nadiem-Netflix Kebanjiran Pujian

Nadiem Netflix Kebanjiran Pujian
Mendikbud Nadiem Makarim memberikan cinderamata pada pihak Netflix. (Foto: Istimewa)
3 minute read

“I get logins for Netflix from my cousin Greg. Thanks, Greg!” – Lil Dicky, penyanyi rap asal Amerika Serikat


PinterPolitik.com

Kalau kita berbicara mengenai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim, kita pasti ingat dengan beberapa gebrakan yang telah dibuat selama menjabat dalam Kabinet Indonesia Maju. Selain menjadi menteri termuda, Mas Nadiem sempat menarik perhatian para warganet kala menghapuskan Ujian Nasional (UN) dan menggantinya dengan program Merdeka Belajar.

Beliau juga pernah lho dianggap fresh ketika menyampaikan pidatonya dalam peringatan Hari Guru Nasional 2019. Pidatonya waktu itu dianggap memiliki pandangan-pandangan yang baru mengenai peran guru.

Di awal tahun 2020 ini, pujian untuk Mas Nadiem tampaknya belum habis juga. Pasalnya, baru kemarin, beliau mengadakan program yang melibatkan aplikasi layanan streaming film. Tentunya, bukan IndoXXI yang digandeng oleh Mas Nadiem, melainkan Netflix.

Keren sih gebrakan terbaru Mas Nadiem ini. Pasalnya, sebagai perusahaan penyedia streaming film, Netflix menawarkan banyak film dan seri yang menarik bagi masyarakat. Dengan kolaborasi ini, diharapkan ada pengayaan kebudayaan dan film asal Indonesia, seperti pelatihan perfilman di Amerika Serikat (AS).

Selain itu, kata Mas Nadiem sih, beliau juga ngefans sama Netflix. Wah, Mas Mendikbud berlangganan Netflix juga nggak ya? Boleh bagi akun Netflix-nya nggak? Kan, wajar satu akun dipakai banyak orang. Hehe.

Hmm, tapi, kalau Mas Nadiem berlangganan Netflix, gimana cara mengaksesnya ya? Kan, Netflix kabarnya masih diblokir oleh beberapa penyedia layanan telekomunikasi milik pemerintah, seperti Telkom, Telkomsel, dan IndieHome.

Soal itu, tampaknya banyak nih yang jadi korban pemblokiran. Teman kantor penulis nih misalnya, kesal karena provider yang digunakannya tidak membolehkannya mengakses Netflix.

Belum lagi, banyak juga warganet yang juga kesal. Hal ini terlihat dari banyaknya komentar dan meme yang menyindir perusahaan-perusaahan itu dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Meme yang menganalogikan Netflix, Kemdikbud, Kominfo, dan Telkom dengan komik Spider-Man misalnya, ramai tersebar di Twitter. Dalam meme itu, Spider-Man dianalogikan sebagai Kemdikbud yang memberhentikan bus Kominfo-Telkom agar tidak menabrak warga yang suka menonton Netflix.

Ya, mungkin, wajar juga kalau Kominfo dan Telkom dianggap tetap mendukung pemblokiran yang minim alasan. Pasalnya, gimana pun juga, keduanya juga banyak diisi dan bekerja sama dengan orang-orang media. Hehe.

Bisa jadi, layanan-layanan streaming di era sekarang ini menciptakan disrupsi terhadap media-media konvensional. Alhasil, ya, bisa saja ngebikin mereka merasa ketar-ketir. (A43)

► Ingin lihat video menarik lainnya? Klik di bit.ly/PinterPolitik

Ingin tulisanmu dimuat di rubrik Ruang Publik kami? Klik di bit.ly/ruang-publik untuk informasi lebih lanjut.