Misteri Yasonna di Pengumuman PDIP

Yasonna tim hukum PDIP
Yasonna Laoly di konferensi pers PDIP (Foto: genial.id)
2 minute read

“Cause you’re working, building a mystery,” – Sarah McLachlan, Building a Mystery


PinterPolitik.com

Saga soal kasus dugaan suap PAW PDIP yang melibatkan komisioner KPU Wahyu Setiawan dan caleg PDIP Harun Masiku sepertinya masih terus jadi berita ya. Tiap hari ada aja perkembangan baru dari kasus yang sempat lumayan menghebohkan ini.

Salah perkembangan teranyar dari kisah ini adalah langkah dari PDIP sebagai tempat bernaungnya Harun. Jadi, beberapa waktu lalu, partai yang berlogo banteng ini membentuk tim hukum tersendiri untuk menghadapi kasus tersebut.

Yang unik, di pengumuman nama tim hukum itu ada sosok yang lumayan gak biasa kalau hanya untuk urusan menteri. Kala itu, sosok sekelas Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly jadi orang yang mengumumkan jajaran tim hukum PDIP.

Tentu, Pak Yasonna adalah kader PDIP, jadi ya dia memang pasti akan tetap punya pertalian dengan partainya itu. Tapi, kan Pak Yasonna juga adalah seorang pejabat publik sekelas menteri, jadi pasti ada yang mempertanyakan posisi beliau ini untuk urusan partai.

Secara khusus, pengumuman tim hukum oleh Pak Yasonna ini memang berpotensi menuai banyak pertanyaan. Bukannya apa-apa, negara kan sekarang sedang menghadapi kasus hukum dengan salah satu kader PDIP. Nah, kok pejabat negara seperti Pak Yasonna justru hadir mewakiili partai dan mengumumkan tim hukumnya?

Secara lebih spesifik lagi, Pak Yasonna sendiri adalah Menkumham yang memang mengurusi hukum. Kalau sudah begini, orang pasti ada yang bingung, soalnya kasus dugaan suap Harun ini ya tidak lain dan tidak bukan adalah kasus hukum.

Hmmm, kalau gitu salah gak ya kalau ada orang yang nanya soal posisi Pak Yasonna ini? Dalam kondisi seperti ini, mungkin ada yang nanya, prioritas Pak Yasonna ini posisinya sebagai pejabat publik yang mengurusi hukum atau kader partai yang sedang dikaitkan dengan kasus hukum?

Selain itu, salah gak ya kalau ada yang nanya kenapa sih PDIP memilih menghadirkan Pak Yasonna untuk urusan seperti ini? Mungkin gak ya ada sesuatu antara PDIP dengan pemerintahan secara umum dalam langkah ini?

Ya, gak tahulah, gak usah berspekulasi juga. Yang jelas, kehadiran pejabat negara di bidang hukum dalam pengumuman tim hukum suatu partai memang rawan jadi bahan pembicaraan. Kita tunggu aja deh perkembangan kasus ini akan seperti apa. (H33)

► Ingin lihat video menarik lainnya? Klik di bit.ly/PinterPolitik

Ingin tulisanmu dimuat di rubrik Ruang Publik kami? Klik di bit.ly/ruang-publik untuk informasi lebih lanjut.