Menteri Susi Paling Berprestasi

Menteri Susi Paling Berprestasi
(doc: rakyatsultra.fajar.co.id)
2 minute read

Menteri Susi dianggap sebagai menteri paling berprestasi. Betulkah itu?


PinterPolitik.com

[dropcap]K[/dropcap]elihatannya Pakde Joko cukup lihai dalam memilih tokoh perempuan untuk masuk dalam jajaran kabinet kerjanya. Beliau nggak memilih yang pintar berdandan atau yang hobby shopping, tapi ia memilih yang bermental baja dan berotak cemerlang.

Dan terbukti jajaran wanita yang nangkring dalam kabinet sudah menunjukkan keperkasaannya, tak hanya di dalam negeri tapi juga di luar negeri. Salah satunya adalah Susi Pudjiastuti.

Orang mungkin menilai Pakde udah bikin kesalahan saat memilih Bu Susi untuk menjadi Menteri Kelautan. Soalnya Bu Susi kan cuma lulusan es-em-pe, bertato dan perokok berat pula. Eits, sabar dulu, jangan cepat ambil kesimpulan kayak gitu.

Coba liat kinerjanya selama ini. Julukan sebagai ‘srikandi laut’ itu bukan cuma isapan jempol lho. Ia memang sosok yang nggak neko-neko. Mendengar namanya saja, para pencuri ikan dari negara asing udah ‘terkencing-kencing’. Soalnya Bu Susi nggak segan-segan menenggelamkan kapal-kapal asing yang kedapatan mencuri ikan di perairan Indonesia. Bahkan Ia juga dikenal nggak gentar melawan siapa saja yang melanggar wilayahnya, meski itu negara besar seperti Tiongkok.

Konon, Bu Susi pernah diiming-imingi duit 5 triliun rupiah supaya mundur dari kursi menteri. Katanya ada pengusaha besar yang menjadi salah satu tengkulak ikan kesulitan meraup keuntungan akibat kelakuan Bu Susi. Tapi kelihatannya, ia nggak bergeming.

Rupanya duit udah nggak bisa mempengaruhinya, soalnya ia udah cukup kaya kok. Sekarang ia hanya mau fokus untuk untuk menunjukkan eksistensinya dan membuat Indonesia sebagai salah satu poros maritim dunia. Mungkin ini yang jadi alasan mengapa ia layak dinobatkan sebagai Menteri yang paling berprestasi menurut survei  PolMark Indonesia.

Ternyata ini bukan kali pertama ia diberi gelar demikian. Bu Susi pernah menerima penghargaan Peter Benchley Ocean Awards dalam kategori kepemimpinan. Penghargaan ini merupakan penghargaan bidang maritim tertinggi dunia. Wow, luar biasa ya. Kalau kayak gini, emang masih ada yang mau berani lawan Bu Susi? Nggak takut ditenggelamkan? (K-32)