Menteri Jokowi Bisa Bernapas Lega?

Kabinet Baru Jokowi ala Jepang
Presiden Jokowi ketika mengumumkan berbagai susunan menteri dalam Kabinet Indonesia Maju. (Foto: Setneg)
3 minute read

“When I find myself in times of trouble, Mother Mary comes to me. Speaking words of wisdom, let it be,” – The Beatles, Let It Be


PinterPolitik.com

Para menteri Pak Jokowi mungkin bisa bernapas lega ya. Biasanya kan reshuffle jadi momok menakutkan bagi para pembantu seorang presiden. Kadang, ada yang merasa udah bekerja maksimal dalam waktu singkat, eh ternyata masih harus tergusur dari jabatannya.

Nah, sepertinya proses kocok ulang kabinet itu dalam waktu dekat ini mungkin aja gak akan terjadi. Catat ya, dalam waktu dekat ini. Kalau nanti mah mungkin aja bakalan kejadian, kan hak prerogratif presiden, kalau misalnya ada yang gak perform, ya mungkin diganti.

Kabar gak bakalan adanya reshuffle kabinet ini ditegaskan oleh Juru Bicara Presiden Fadjroel Rachman. Kalau kata Pak Fadjroel, tidak ada rencana reshuffle, semua menteri dipersilakan melaksanakan rencana kerjanya dan Pak Presiden katanya memonitor pelaksanaan rencana mereka masing-masing.

Tuh kan, pernyataan yang melegakan bukan dari Istana? Pasti para menteri yang sempat khawatir bakalan tergusur bisa bernapas sedikit pas mendengar kabar tersebut. Eh, tapi bernapas lega doang ya harusnya, kalau kinerjanya pas-pasan ya tetap aja harus ditingkatin terlepas ada kocok ulang atau enggak.


Eh tapi, kenapa ya pihak Istana dalam konteks ini Pak Fadjroel harus melakukan penegasan itu? Emangnya ada isu reshuffle dari mana ya sampai seorang jubir presiden harus melontarkan pernyataan khusus?

Sebenarnya, beberapa waktu lalu sempat ada cuitan dari salah seorang buzzer  influencer ternama di media sosial yaitu Dede Budhyarto dengan akun Twitter @kangdede78. Jadi, sosok ini sempat mencuitkan pertemuannya dengan Pak Jokowi di Istana Bogor.

Baca juga :  Corona, Pemerintahan Jokowi “Alami” Amnesia?

Nah, sepertinya dari sinilah isu kocok ulang kabinet itu bermula. Soalnya, sosok tersebut bilang bakal ada reshuffle, jadi menteri yang kinerjanya kurang bagus, katanya bakal dicukupkan.

Hmmm, gimana ya, kok bisa sih isu ini dilontarkan pertama kali dari akun seperti ini? Bukannya harusnya isu ini bakalan liar kalau gak diberikan resmi oleh pihak Istana?

Secara khusus, kok bisa sih @kangdede78 punya akses informasi dan pertemuan semacam itu? Kan banyak orang kesulitan dapat pertemuan dan informasi dengan pihak Istana, kok sosok semacam itu bisa lebih mudah sih?

Selain itu, kadang emang membingungkan juga sih, kenapa ya media suka mengutip orang-orang dari media sosial yang belum tentu bisa dikonfirmasi pernyataannya?

Ya, udahlah, terlepas dari apapun itu, yang jelas para menteri sekarang bisa bernapas lega. Kita tunggu aja apakah reshuffle beneran, yang disampaikan langsung oleh pihak Istana bakalan terjadi atau enggak. (H33)

► Ingin lihat video menarik lainnya? Klik di bit.ly/PinterPolitik

Ingin tulisanmu dimuat di rubrik Ruang Publik kami? Klik di bit.ly/ruang-publik untuk informasi lebih lanjut.