Menperin Agus Terancam Covid-19?

Menperin Agus Terancam Covid-19?
Paling kiri Amir Sambodo (Staff Khusus Menteri Perindustrian) dan kedua dari kiri Harjanto (Dirjen Ilmate Kementerian Perindustrian) saat menghadiri Gaikindo International Expo pada 5-8 Maret 2020 bersama Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita. Amir dan Harjanto telah meninggal, disebut-sebut karena Covid-19. (Foto: Gaikindo)
3 minute read

Dua bawahan Menperin meninggal dunia. Penyebabnya masih simpang siur. Beberapa sumber menyebut keduanya terinfeksi Covid-19, sekalipun belum ada pernyataan resmi terkait hal tersebut. Kini publik bertanya-tanya terkait kondisi Menperin Agus. Ia bukan hanya terancam dalam konteks posisinya sebagai Menperin dengan dampak Covid-19 terhadap sektor perindustrian, tetapi juga terhadap kesehatannya sendiri. Hmmm, semoga sehat-sehat selalu, Pak.


PinterPolitik.com

Pertanyaan-pertanyaan terkait kondisi Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita ini memang tak bisa dipungkiri kemunculannya. Pasalnya, dua sosok yang meninggal dunia tersebut adalah bawahan langsung Agus.

Yang pertama adalah Staf Khusus Menperin Amir Sambodo yang meninggal pada 24 Maret 2020. Guru Besar Institut Teknologi Bandung (ITB) Brian Yuliarto menuliskan lewat akun Twitternya bahwa Amir meninggal di usia 60 tahun dan positif virus Covid-19.

Sementara yang kedua adalah Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (Ilmate) Kemenperin, Harjanto yang meninggal  pada 23 Maret 2020 atau sehari sebelum Amir. Ia dikabarkan menderita pneumonia berat, sehingga membuatnya kesulitan bernapas.

Memang tidak disebutkan apakah Harjanto terinfeksi Covid-19 atau tidak. Namun, kalau lihat penyebabnya adalah pneumonia dan Covid-19 menyebabkan kondisi yang demikian, maka arahnya memang akan ke sana.


Hal ini juga dikonfirmasi secara nggak langsung oleh Menteri BUMN Erick Thohir dalam salah satu pernyataannya bahwa Dirjen Ilmate itu terinfeksi Covid-19.

Intinya, kalau beneran keduanya meninggal karena terinfeksi Covid-19, maka Menperin Agus emang harus waspada. Soalnya pada tanggal 5-8 Maret 2020 lalu, Harjanto bersama Amir hadir dalam Gaikindo International Commercial Vehicle Expo yang juga dihadiri oleh Menperin Agus.

Bahkan, dalam acara tersebut mereka tampak foto bersama, dan sama-sama ada di atas panggung dalam seremoni menekan tombol pembukaan acara tersebut. Artinya, konteks interaksi ini punya peluang bagi tersebarnya virus Covid-19, katakanlah jika kedua bawahan Menperin Agus itu telah terpapar Covid-19 kala itu.

Hingga saat ini publik emang nggak tahu sih gimana hasil tes Covid-19 Menperin Agus karena emang nggak dipublikasikan. Para menteri dan Presiden Jokowi kan telah melaksanakan tes Covid-19 beberapa waktu lalu.

Tapi, tantangan juga datang ke Menperin terkait kondisi ekonomi Indonesia. Soalnya, sektor industri akan sangat terdampak dengan kondisi ini. Nasib para buruh dan pekerja industri yang katakanlah harus mengalami pemutusan kerja, atau buruh yang harus tetap masuk kerja di tengah bahaya virus menjadi pekerjaan rumah yang harus dipikirkan.

Harapannya sih Pak Menteri Agus emang lagi dalam keadaan sehat selalu. Soalnya pekerjaan rumahnya banyak nih sekarang. Ada Omnibus Law yang belum kelar, juga soal Covid-19 ini. Jadi, mungkin perlu muncul ke hadapan publik ya pak. Uppps.

Semoga badai ini cepat berlalu ya. (S13)

► Ingin lihat video menarik lainnya? Klik di bit.ly/PinterPolitik

Ingin tulisanmu dimuat di rubrik Ruang Publik kami? Klik di bit.ly/ruang-publik untuk informasi lebih lanjut.