Menebak Jokowi-Zulkifli Tidak Kompak

Jokowi Zulkifli Hasan
Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dan Presiden Joko Widodo (Foto: BPMI Setpres/Rusman)
3 minute read

“Sungguh mati aku jadi penasaran,” – Rhoma Irama, Penasaran


Pinterpolitik.com

Sepertinya, sekarang ini lagi musim banget ya politisi besar ketemu politisi lainnya. Ketum-ketum parpol nampaknya jadi sangat rajin melakukan silaturahim ke politisi lainnya. Nah, salah satu yang baru-baru ini melakukan kunjungan semacam ini adalah Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan.

Layaknya pimpinan-pimpinan partai lain, Pak Zulkifli ini juga memiliki kesempatan untuk bertemu dengan Presiden Jokowi. Wah, ada angin apa nih Pak Zulkifli ketemu Pak Jokowi? Jangan-jangan mau ikut-ikutan langkahnya Prabowo Subianto dan Gerindra ya?

Jadi, kan sebelum Pak Zulkifli ini ketemu Pak Jokowi, Pak Prabowo udah lebih duluan berjumpa dengan sang presiden. Nah, berdasarkan pertemuan itu, Pak Jokowi tidak menampik bahwa ada pembicaraan terkait dengan koalisi.

Karena ada indikasi semacam itu, kita jadi bertanya-tanya dong, apakah perkara koalisi juga jadi salah satu yang jadi bahasan dua tokoh nasional. Kalau kata Pak Jokowi sih, ada pembicaraan tentang PAN masuk kabinet, meski memang belum final. Cie, Pak Zulkifli.


Eh, tapi ternyata pernyataan berbeda justru dilontarkan oleh Pak Zulkifli. Mantan Menteri Kehutanan ini kan ngomong lebih dahulu di hadapan wartawan, nah dia bilang tidak ada tuh pembicaraan terkait dengan wacana PAN masuk kabinet. Wah, kok beda gini sih?

Kok bisa ya Pak Zulkifli dan Pak Jokowi ini memberi pernyataan berbeda di hadapan para pewarta? Apakah mereka ini gak kompak atau kurang briefing ini sebelum keluar ruangan dan bertemu jurnalis?

Sebenarnya ada pertanyaan lebih liar lagi nih dari sikap kurang kompak dua tokoh tersebut, jangan-jangan memang PAN ini benar-benar tidak akan masuk ke dalam koalisi Pak Jokowi?

Jadi gimana nih, Pak Jokowi dan Pak Zulkiflli, jadi koalisi gak? Click To Tweet

Jadi, selama beberapa waktu terakhir, Pak Zulkifli ini kan sering melontarkan ucapan bahwa dia siap mendukung Pak Jokowi tanpa syarat. Selain itu, Pak Zulkifli ini meski mendukung Prabowo di Pilpres 2019, memang tergolong membuka diri untuk berkomunikasi dengan Pak Jokowi.

Meski demikian, belakangan ini santer beredar kabar bahwa PAN akan meneguhkan diri sebagai oposisi untuk lima tahun ke depan. Cie, PKS sekarang gak jomblo lagi ya jadi oposisi.

Nah, sikap PAN yang kemungkinan jadi oposisi ini mungkin aja jadi penyebab Pak Jokowi dan Pak Zulkifli gak kompak saat ditanya soal koalisi. Mungkin aja Pak Jokowinya terbuka, tapi ada pertimbangan lain di internal PAN soal perkara ini.

Ya udah deh, kalau memang benar PAN jadi oposisi, kita sebagai masyarakat bisa  senang sedikit nih. DI parlemen nanti, jadi ada yang bisa bersuara keras kalau ada kebijakan pemerintah yang dirasa kurang pas. Kita tunggu aja nih, kiprah Pak Zulkifli dan PAN di waktu-waktu mendatang. (H33)

► Ingin lihat video menarik lainnya? Klik di bit.ly/PinterPolitik

Ingin tulisanmu dimuat di rubrik Ruang Publik kami? Klik di bit.ly/ruang-publik untuk informasi lebih lanjut.