Mencari Menkes Terawan di Tengah Covid-19

Mencari Meskes Terawan di Tengah Covid-19
Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto (tengah) kala pelepasan Tim Nusantara Sehat pada Oktober 2019 lalu. (Foto: Kemenkes)
3 minute read

“Where the hell you been?” – Kanye West, “Otis” (2011)


PinterPolitik.com

Gengs, kalian tahu gak? Salah satu kesuksesan Korea Selatan dalam membendung keliaran Covid-19 adalah berkat peran dari sosok Deputi Kementerian Kesehatan dan Kesejahteraan, Kim Gang-Lip. Pria itu terlihat sibuk ke sana dan ke mari, entah sekadar menjenguk pasien atau pidato di depan awak media. Dia ini kayak gak tau rasa capek, cuy. Serius.

Coba kalian lihat di pemberitaan-pemberitaan deh. Hal yang bikin melted lagi nih adalah om Gang ini secara cerdas mampu menjelaskan gugus tugas dan target penyembuhan. “Tujuan jangka panjangnya adalah untuk mengontrol ukuran infeksi hingga level di mana rumah sakit dan tenaga medis dapat menangani situasi hingga pandemi berakhir dengan dikembangkannya vaksin dan pengobatan,” kata Pak Gang beberapa waktu lalu.

Inti kalimatnya ini simple kok, yakni berupaya menekan angka infeksi hingga pandemi berakhir. Meski simple, dampaknya itu lho, gengs. Keren. Lihat saja. Semua elemen di Korsel tergerak secara terpadu, kompak, dan terarah untuk menyukseskan target pemerintah.

Memang begitu seharusnya sosok pemerintah. Nah, bagaimana dengan kondisi di negara ber-flower ini? Jawabnya, entahlah. Menteri yang dulu bilang “Padahal flu batuk pilek yang biasa terjadi pada kita itu angka kematiannya lebih tinggi daripada yang ini, Corona. Tapi kenapa ini bisa hebohnya luar biasa,” itu ternyata sekarang gak tau di mana.


Saya cuman mau bilang begini, kata kuncinya tulisan ini adalah pemimpin harus berani tampil. Ini penting. Soalnya, kalau sampai gak berani, bisa chaos warganya nanti. Masa sih pemimpin kita tega membiarkan aktivitas rebahan kita berlanjut semakin lama gegara biang kerok Corona?

Lagian, kalau kata pemikir politik Niccolo Machiavelli nih, “sudahlah, pemimpin itu tampil aja dulu. Soal dicintai itu urusan nanti. Adapun terlihat tegas, terpuji, dan bijaksana, semuanya bisa didesain. Tampil aja dulu, deh.” Dan di Korsel, Pak Gang benar-benar berani tampil. Soal kritik dan risiko, kalau kata Mbak, “halah, pikir keri.”  Hehehe.

Makanya, kita gak heran kalau Korsel sudah memiliki lonjakan keberhasilan dalam melawan pandemi COVID-19. Keren banget pokoknya – persis kayak spirit permainan mereka di ranah sepak bola. Jadi, gak heran kan kalau Korsel juara AFC di Indonesia. Lha wong semua elemen mulai dari pemerintah sampai federasi dan warga kompak sih. Bandingkan aja sama Indonesia. Boro-boro juara, diajak kompak aja susah.

Nah, bertolak dari situ, kita memohon, kali aja Pak Terawan atau ajudannya baca tulisan ini, bersedia menunjukkan diri, atau minimal memberi tahu tentang aktivitas dan keadaannya seperti apa. Ya kalau misal sibuk urusan lain, misal melakukan penelitian senyap tentang obat COVID-19, kami sebagai warga kan turut senang dan bahagia.

Ah sudahlah. Pokoknya, semoga sehat selalu buat beliau – supaya segera bisa menangani pandemi yang terus menyebar ini. (F46)

► Ingin lihat video menarik lainnya? Klik di bit.ly/PinterPolitik

Ingin tulisanmu dimuat di rubrik Ruang Publik kami? Klik di bit.ly/ruang-publik untuk informasi lebih lanjut.