Mencari Jejak Cak Imin

Mencari Jejak Cak Imin
Wakil Ketua DPR Abdul Muhaimin Iskandar (Cak Imin atau Gus AMI). (Foto: Fraksi PKB)
3 minute read

“Where’d you go? I miss you so. Seems like it’s been forever that you’ve been gone” – Skylar Grey, penyanyi asal Amerika Serikat


PinterPolitik.com

Sebagian besar dari kita pasti tahu siapa Cak Imin. Eits, maksud saya Gus AMI. Abdul Muhaimin Iskandar merupakan Ketua Umum (Ketum) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang dulu dikabarkan sempat ingin menjadi calon wakil presiden (cawapres) untuk Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Kini, setelah Pemilu 2019 usai, keponakan Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur) itu menjabat sebagai Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) sejak dilantik pada 1 Oktober lalu. Tentunya, sebagai wakil rakyat, Cak Imin sudah seharusnya bekerja dong agar rakyat dapat terwakili suaranya.

Eh, tapi, berdasarkan kabar-kabarnya nih, Cak Imin jarang terlihat di kantor. Berbagai agenda sidang paripurna berjalan tanpa kehadiran Gus AMI. Beliau terakhir terlihat di DPR pada akhir bulan lalu.

Selain itu, katanya, keberadaan beliau juga tidak diketahui. Waduh. Otomatis dong publik cemas dengan keadaan Cak Imin.

Keberadaan Cak Imin yang tidak ketahui ini mirip-mirip nih sama kisah film Paper Towns (2015). Dalam film itu, ceritanya, terdapat seorang gadis pelajar bernama Margo Roth Spiegelman yang memutuskan untuk pergi dari kehidupan lamanya.

Pada awalnya, absennya Margo di sekolah tidak banyak dicurigai. Namun, seiring berjalannya waktu, teman-temannya menduga Margo hilang. Waduh, masyarakat perlu khawatir juga nggak ya nih?

Beberapa wartawan pun akhirnya menanyakan keberadaan Ketum PKB tersebut kepada Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid. Pak Jazilul pun mengatakan tidak tahu dan meminta para wartawan untuk bertanya pada Sekretariat DPR. Waduh, waketumnya saja juga nggak tahu? Ke mana nih Cak Imin?

Ketidakhadiran Cak Imin di depan publik ini mungkin akan mengingatkan banyak orang dengan absennya beliau ketika dipanggil KPK. Beberapa waktu lalu, komisi anti-rasuah ini memang pernah memanggil Cak Imin.

Eits, setelah ditilik kembali, ternyata Cak Imin tidak hadir dalam panggilan KPK sebagai saksi. Tapi, tenang, Cak Imin ternyata menyertakan alasan beliau mengapa tidak hadir. Dalam surat yang disertakan nih, dikatakan bahwa beliau sibuk dengan agenda sebagai pimpinan DPR hingga 23 Desember.

Hmm, tapi, kalau sibuk sebagai pimpinan DPR, kok nggak kelihatan ya di Gedung DPR? Barang kali, sebagai pimpinan partai lebah – seperi kata beliau, Cak Imin tengah bepergian menebarkan manfaat bagi masyarakat. Ya, semoga saja manfaatnya juga terasa sebagai wakil rakyat. Hehe. (A43)

► Ingin lihat video menarik lainnya? Klik di bit.ly/PinterPolitik

Ingin tulisanmu dimuat di rubrik Ruang Publik kami? Klik di bit.ly/ruang-publik untuk informasi lebih lanjut.