Menanti Ganjar Pranowo Jujur Terus

Ganjar Pranowo jujur
Ganjar Pranowo (Foto: Tagar)
2 minute read

“Jujurlah padaku, bila kau tak lagi cinta. Tinggalkanlah aku, bila tak mungkin bersama,” – Radja, Jujur


PinterPolitik.com

Kadang, kita tuh suka kesulitan untuk mencari politisi yang jujur di negeri ini. Udah bertahun-tahun berharap, bertahun-tahun juga harapan itu kandas. Sekalinya ada yang kelihatan menjanjikan ternyata sama aja dengan para pendahulunya.

Ternyata, harapan itu belum tentu sirna sepenuhnya. Masih ada kok politisi yang mau bicara blak-blakan bahkan di saat kamera menyala. Contohnya, ada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang membuat pernyataan amat jujur saat berbicara dengan Deddy Corbuzier.

Kala itu, sang gubernur mengakui kalau dirinya pernah menonton video dewasa. Wow, sebuah pengakuan yang tidak lazim bagi seorang politisi.

Loh, jangan berpikir macam-macam dulu. Perkara nontonnya kan itu sebenarnya urusan pribadi Pak Ganjar. Pak Ganjar sendiri cuma bilang pernah, bukan berarti dia menjadi pecinta film semacam itu. Tapi, perkataan jujur dari Pak Ganjar ini yang sebenarnya bisa jadi sorotan.

Coba, kapan terakhir kali ada politisi yang tak berusaha mencitrakan diri jauh dari hal yang seperti itu? Biasanya kan politisi ingin sekali terlihat sangat berbudi, berfoto memakai peci, sambil menadahkan kedua tangan. Bolehlah kita apresiasi Pak Ganjar ini.

Mungkin aja ini jadi gambaran bahwa Pak Ganjar itu memang perkara pencitraannya lebih minim, karena hal yang seperti itu aja beliau gak berusaha keras untuk menutupi. Jadi ya, bisa dibilang kalau Pak Ganjar ini sudah berlaku jujur untuk perkara video porno ini.

Nah, karena Pak Ganjar sudah mau jujur, transparan, dan minim pencitraan untuk urusan itu, mungkin aja banyak masyarakat berharap kalau sang gubernur bersikap serupa untuk banyak urusan lain.

Untuk perkara  penambangan di kawasan Pegunungan Kendeng misalnya, masyarakat yang berjuang mungkin ingin ada transparansi dan kejujuran seluas-luasnya mengenai jalannya kasus itu, terutama soal izin.

Selain itu, banyak juga yang berharap Pak Ganjar bicara setransparan mungkin saat diperiksa oleh KPK sebagai saksi kasus E-KTP. Itu kasus kan merugikan negara dan masyarakat luas, pernyataan blak-blakan Pak Ganjar mungkin bisa sangat bermanfaat agar masyarakat yang geram bisa melihat para pelaku dihukum berat.

Ya, kita tunggu saja semoga kejujuran terus menyertai kiprah Pak Ganjar. Seperti yang disebut sebelumnya, kita tuh menunggu loh ada politisi yang jujur, semoga Pak Ganjar konsisten ya dengan kejujurannya. (H33)

► Ingin lihat video menarik lainnya? Klik di bit.ly/PinterPolitik

Ingin tulisanmu dimuat di rubrik Ruang Publik kami? Klik di bit.ly/ruang-publik untuk informasi lebih lanjut.