Mantan Menkeu Chatib Basri Jadi Komut Bank Mandiri

Chatib Basri Komisaris Utama PT Bank Mandiri
M. Chatib Basri (Foto: BeritaSatu)
2 minute read

Mantan Menteri Keuangan di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Chatib Basri ditunjuk menjadi Komisaris Utama (Komut) PT Bank Mandiri Tbk mengantikan Kartika Wirjoatmodjo. Penunjukan dilakukan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) bank pelat merah tersebut di Jakarta, Rabu (19/2).


PinterPolitik.com

Chatib Basri yang sebelumnya menjabat sebagai wakil Komut Bank Mandiri, menggantikan Kartika Wirjoatmodjo. Kartika yang juga Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (Wamen BUMN), sehari sebelumnya dipercaya menjadi Komut PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) dalam RUPST bank tersebut, Selasa (18/2).

“Di samping untuk menjawab tantangan industri perbankan, keputusan pemegang saham ini diharapkan akan semakin membawa Bank Mandiri menjadi bank BUMN yang mampu memainkan peran sebagai agen perubahan dan agen pencipta nilai untuk masa depan Indonesia yang lebih baik,” kata Direktur Utama (Dirut) Bank Mandiri, Royke Tumilaar sesuai RUPST.

Dalam hasil RUPST tersebut, pemegang saham yang notabene pemerintah, juga menunjuk Hery Gunardi menjadi Wakil Direktur Utama menggantikan Sulaiman Arif Arianto yang telah habis masa jabatannya. Sedang Aquarius Rudianto diangkat menjadi Direktur Bisnis dan Jaringan.

Selain itu, pemegang saham juga setuju mengangkat Andrinof Chaniago, Nawal Nely, Faried Utomo, Arif Budimanta, Boedi Armanto dan Loeke Larasati Agoestina dalam jajaran Dewan Komisaris Perseroan.


Berikut ini daftar susunan komisaris Bank Mandiri yang baru:

Komisaris Utama: M. Chatib Basri,

Wakil Komisaris Utama: Andrinof Chaniago,

Komisaris Independen: Mohamad Nasir,

Komisaris Independen: Boedi Armanto,

Komisaris Independen: Loeke Larasati Agoestina,

Komisaris: Ardan Adiperdana,

Komisaris: Nawal Nely,

Komisaris: Faried Utomo,

Komisaris: Arif Budimanta,

Komisaris: Rionald Silaban. (R58)

► Ingin lihat video menarik lainnya? Klik di bit.ly/PinterPolitik

Ingin tulisanmu dimuat di rubrik Ruang Publik kami? Klik di bit.ly/ruang-publik untuk informasi lebih lanjut.