Kolam Renang Ridwan Kamil, Ujian 2024?

kolam renang Ridwan Kamil
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Foto: Antara Foto/Indrianto Eko Suwarso)
2 minute read

“Bukan lautan hanya kolam susu,” – Koes Plus, Kolam Susu


PinterPolitik.com

Perkara anggaran sepertinya jadi satu hal yang amat sensitif ya akhir-akhir ini. Semua ini mungkin gara-gara anggaran lem Aibon Pemprov DKI yang sukses bikin banyak orang geleng-geleng kepala. Nah, akibat dari hal itu, jadi banyak orang yang mulai lebih kritis kalau ada anggaran yang lumayan membingungkan.

Salah satu sosok yang kena imbas kritik perkara anggaran ini adalah Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Sosok yang kerap disapa Kang Emil ini jadi sorotan karena ditemukan rencana untuk membangun kolam renang pribadi di Gedung Pakuan, rumah dinas Gubernur Jawa Barat.

Rencana pembangunan kolam renangnya aja sebenarnya udah bikin sebagian netizen mengernyitkan dahi. Hal ini belum termasuk dengan total dana yang dianggarkan untuk pembangunan kolam renang tersebut yang mencapai Rp 1,5 miliar. Tentu aja ini bikin para netizen bergunjing dengan kata-kata liar mereka.

Kang Emil sendiri sebenarnya punya alasan terkait dengan pembangunan fasilitas itu. Kolam itu katanya penting  buat dirinya yang butuh terapi setelah mengalami cedera kaki. Selain itu, ia juga menyebut kalau fasilitas di Gedung Pakuan itu kan bisa bermanfaat untuk gubernur selanjutnya.


Tak lupa, mantan Wali Kota Bandung itu juga menyebut proyek lain juga sebenarnya terjadi di era gubernur sebelumnya, Ahmad Heryawan.

Nah, dari hal itu mungkin kita semua jadi belajar, memang seharusnya anggaran yang dibikin para pejabat itu harus dipelototi secara saksama. Jangan cuma Aibon DKI doang, tapi semua anggaran memang punya potensi untuk dikritisi, termasuk dengan anggaran kolam renang Kang Emil ini.

Yang unik sebenarnya, baik Kang Emil maupun Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ini kan sebenarnya cukup punya banyak pendukung di media sosial. Kok bisa gitu di waktu yang berdekatan mereka harus menghadapi kritik untuk perkara anggaran.

Baca juga :  Cinta Nasdem Bertepuk Sebelah Tangan

Secara spesifik, keduanya ini kan digadang-gadang akan menjadi capres potensial di Pilpres 2024. Nah, sepertinya keduanya tengah diuji baik dari segi penganggarannya itu sendiri dan juga dari segi ketahanan menghadapi kritik. Dua hal itu mungkin jadi modal penting buat berlaga di Pilpres nanti. Kalau maju.

Ya, kita tunggu aja semulus apa Kang Emil dalam menghadapi ujian terkait kolam renang ini. Apakah dia yang paling mulus dalam menghadapi ujian ataukah ada orang lain seperti Anies, itu jadi teka-teki yang masih ditunggu jawabannya. (H33)

► Ingin lihat video menarik lainnya? Klik di bit.ly/PinterPolitik

Ingin tulisanmu dimuat di rubrik Ruang Publik kami? Klik di bit.ly/ruang-publik untuk informasi lebih lanjut.