Kisah Dua Insan: Kivlan-Wiranto

Kivlan Zen Prihatin Terhadap Penususkan Wiranto
Kivlan Zen (Foto : Nasional Kompas)
2 minute read

“Semoga Allah melindungi kita (Kivlan dan Wiranto) berdua. “ – Kivlan Zen


 PinterPolitik.com

Balada kisah antara dua purnawirawan TNI Kivlan Zen dan Wiranto sedang bersemi. Pasalnya Pak Kivlan Zen yang sedang berbaring di kasur rumah sakit sehabis operasi, prihatin atas musibah yang dialami oleh Pak Wiranto.

Kivlan pun mendoakan kesembuhan untuk Pak Wiranto dan tak lupa untuk mengirim karangan bunga, ke ruang berbeda di rumah sakit yang sama. Mungkin di antara Pak Kivlan Zen dan Pak Wiranto, tak pernah terbersit di benak mereka bahwa pada usia senja, mereka kan berbaring tak berdaya di RSPAD Gatot Subroto.

Agaknya kita perlu mengenang kembali zaman dimana Kivlan dan Wiranto masih aktif sebagai TNI. Kivlan yang lebih tua dari Wiranto, sebenarnya adalah junior Wiranto di Akademi Militer. Walaupun awalnya mereka tidak dekat karena ditugaskan di daerah yang berbeda, namun takdir mereka pun akhirnya berkelindan.

Awal dari kedekatan mereka bermula di kesatuan elite TNI baret hijau pada pangkal 1980-an. Namun hubungan mereka mulai memburuk pada pertengahan 1980-an. Dalam buku Konflik dan Integrasi TNI AD, Kivlan menuturkan bahwa Wiranto telah menggagalkan Kivlan untuk menjadi komandan batalion dari letnan kolonel.


Pak Wiranto mungkin juga dianggap tidak tahu diri oleh Pak Kivlan karena menurutnya, tanpa jasanya, Wiranto tak akan pernah jadi ajudan Soeharto. Sayangnya, kisah mereka ternyata berujung berbeda. Di penghujung abad ke-20, Wiranto tetap memiliki jabatan penting sementara Kivlan tak terdengar lagi gaungnya.

Setelah menjadi purnawirawan, mereka ternyata tetap berseteru, terutama ketika Kivlan berada di barisan oposisi dengan Prabowo. Sementara itu Wiranto berada di barisan petahana Joko Widodo (Jokowi). Ketika semua merasa perseteruan ini akan berlangsung abadi hingga maut memisahkan, Kivlan pun melakukan sesuatu yang mengejutkan.

Mungkin hubungan Kivlan dan Wiranto, saat ini adalah romantisme purnawirawan di usia tua. Perseteruan lama telah berubah menjadi rasa prihatin atas musibah yang menimpa mereka berdua. Agaknya gestur manis Kivlan untuk Wiranto bisa menjadi awal dari hubungan yang menghangat. (M52)

► Ingin lihat video menarik lainnya? Klik di bit.ly/PinterPolitik

Ingin tulisanmu dimuat di rubrik Ruang Publik kami? Klik di bit.ly/ruang-publik untuk informasi lebih lanjut.