Jokowi ‘Payungi’ Prabowo dari PKS

Jokowi Prabowo PKS
Menhan Prabowo Subianto dan Presiden Jokowi (Foto: BPMI Setpres/Muchlis Jr.)
2 minute read

“Bersiaplah bersiaplah, persaingan di depan semakin berat,” – Sheila on 7, Pemenang


PinterPolitik.com

PKS sepertinya belakangan jadi lumayan kritis ya kepada Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto. Kritik dari partai dakwah ini terutama berkisar pada langkah Pak Prabowo yang selama beberapa waktu terakhir kerap melakukan kunjungan ke luar negeri.

Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera misalnya mengungkit kalau Presiden Jokowi meminta jajarannya gak sering ke luar negeri.  Meski demikian, Pak Mardani gak mempersoalkan kunjungan ke luar negeri itu selama bisa meningkatkan investasi.

Nah, ternyata setelah diberikan kritik semacam itu, ada figur yang mau membela Pak Prabowo. Gak main-main sosok yang membela sang Menhan adalah Presiden Jokowi sendiri ketika dirinya menghadiri rapim Kemenhan beberapa waktu lalu.

Pak Jokowi bilang kalau ada yang mempertanyakan Pak Prabowo pergi ke suatu negara, maka itu adalah demi diplomasi pertahanan. Secara khusus, Pak Jokowi bilang kalau ada yang bertanya seperti itu, berarti belum ngerti diplomasi pertahanan. Wow.


Sepintas, gak ada yang benar-benar aneh dari pembelaan Pak Jokowi kepada Pak Prabowo. Meski begitu, kalau melihat konteks histori antara Pak Prabowo dan PKS, langkah ini tuh bisa dibilang lumayan menarik.

Dulu, PKS ini kan jadi sosok yang kerap menjadi pembela buat Pak Prabowo. Mau kritik seperti apapun kepada Pak Prabowo, PKS selalu punya jawabannya. Betapapun tindakan Pak Prabowo menuai pro dan kontra, PKS selalu punya pembenarannya. Tak jarang, PKS ini kerap jadi tameng dari hujan kritik para pendukung Pak Jokowi.

Nah, sekarang kondisinya seperti berbalik. PKS justru sekarang menghujani Pak Prabowo dengan berbagai kritik. Dalam kondisi hujan kritik itu, Pak Jokowi yang dulu menjadi kompetitornya, kini justru jadi sosok yang memayunginya. Hmmm.

Memang ya, dalam politik itu hal semacam ini tuh bisa terjadi. Bisa dibilang, PKS ini tuh dulu kelihatan sayang banget kepada Pak Prabowo, eh sekarang malah terlihat seperti anak emasnya Pak Jokowi.

Kita tunggu aja nih ke depannya kisah ini bakalan berlanjut seperti apa. Apakah PKS masih akan terus kritis kepada Pak Prabowo, merupakan pertanyaan yang menunggu untuk terjawab dalam beberapa waktu ke depan. (H33)

► Ingin lihat video menarik lainnya? Klik di bit.ly/PinterPolitik

Ingin tulisanmu dimuat di rubrik Ruang Publik kami? Klik di bit.ly/ruang-publik untuk informasi lebih lanjut.