Inilah Calon Direktur Utama Dirut PT Garuda Indonesia

Inilah Calon Direktur Utama Dirut PT Garuda Indonesia
Beredar isu terkait nama-nama Dirut baru Garuda (Foto: Enciety)
2 minute read

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, segera menunjuk Direktur Utama (Dirut) PT Garuda Indonesia (Persero). Sejumlah nama digadang-gadang bakal mengisi posisi orang nomor satu di perusahaan BUMN bidang kedirgantaraan ini.


PinterPolitik.com

Meski belum secara jelas menunjuk siapakah yang bakal menjadi Dirut Garuda yang baru, ada beberapa nama yang memiliki peluang menjadi pengganti dari I Gusti Ngurah Askhara (Ari Askhara) yang dicopot Erick Thohir dari jabatannya, karena kasus penyelundupan motor Harley Davidson dan sepeda Brompton pada pesawat Airbus A330-900 Neo milik Garuda yang baru dibeli, belum lama ini.

Di antara nama-nama tersebut ada Mantan Direktur Utama PT Industri Telekomunikasi Indonesia (PT INTI) Irfan Setiaputra, Dirut  PT Angkasa Pura I (AP I) Faik Fahmi, Mantan Menteri Perhubungan (Menhub) dan Menteri ESDM Ignasius Jonan, Dirut GMF AeroAsia Juliandra Nurthjajo, dan Daan Achmad  yang menjabat Vice Chairman The President Airplane Team of The Republic of Indonesia.

Irfan Setiaputra merupakan sosok yang berpengalaman bekerja di lingkungan BUMN, selain pernah menjabat sebagai PT Industri Telekomunikasi Indonesia (PT INTI), dia juga pernah bekerja di PT Titan Mining Indonesia dan terakhir dia menjabat sebagai EO Sigfox Indonesia, pengelola jaringan Internet of Things (IoT).

Sosok lainnya adalah Faik Fahmi, selain menjabat Dirut  PT Angkasa Pura I, dia juga pernah bertugas di Garuda Indonesia sebagai Direktur Layanan pada tahun 2014 dan Dirut Pelabuhan PT ASDP Indonesia Ferry.

Sementara Ignasius Jonan selain dikenal pernah menjabat Menteri Perhubungan dan Menteri ESDM, dia juga sukses sebagai Dirut PT Kereta Api Indonesia (PT KAI).

Sedang Juliandra Nurthjajo, bukan orang baru di lingkungan PT Garuda, dia telah lama berkecimpung di industri perawatan pesawat. Juliandri telah belasan tahun bekerja di bawah bendera Garuda Maintenance Facility (GMF) AeroAsia. Dia juga pernah menjadi line operatin di PT Garuda.

Dan yang terakhir adalah Daan Achmad, pria kelahiran Medan Sumatera Utara ini sebagian besar karirnya dihabiskan di PT Garuda Indonesia. Dengan mengawali karirnya sebagai  IT Programer untuk sistem keuangan pada tahun 1986,  hingga menjadi Vice President Human Resources Management PT Garuda Indonesia  hingga tahun 2005 dan Corporate Expert Garuda Indonesia  hingga tahun 2013. (R58)

► Ingin lihat video menarik lainnya? Klik di bit.ly/PinterPolitik

Ingin tulisanmu dimuat di rubrik Ruang Publik kami? Klik di bit.ly/ruang-publik untuk informasi lebih lanjut.