Hatta-Zulkifli, Dulu Seteru, Kini Bersatu

Amien Hatta
Kongres PAN (Foto: Antara Foto/Jojon)
3 minute read

“Cukup lama aku jalan sendiri, tanpa teman yang sanggup mengerti. Hingga saat kita jumpa hari ini, tajamnya matamu tikam jiwaku,” – Iwan Fals, Belum Ada Judul


PinterPolitik.com

Usai juga ya drama pemilihan Ketum PAN. Setelah sebelumnya kubu-kubu yang terlibat saling lempar pernyataan, drama sebenarnya sempat semakin tinggi dengan lempar-lemparan kursi. Tapi, semua itu udah berakhir dengan terpilihnya Zulkifli Hasan sebagai ketua umum.

Nah, aftermath atau akhir dari pemilihan ketum tersebut sebenarnya cukup menarik. Ada sosok mantan Mensesneg dan Ketum PAN Hatta Rajasa yang muncul kembali setelah sempat gak masuk kepengurusan PAN 2015-2020.

Pak Hatta ini di awal kongres sempat mendukung kandidat ketua umum Asman Abnur sebelum akhirnya mantan MenPAN-RB itu memilih mundur dan mendukung Pak Zulkifli. Nah, setelah kongres berakhir masih ada lagi kiprah Pak Hatta di gelaran tersebut.

Ternyata Pak Zulkifli langsung memberikan jabatan kepada Pak Hatta di penghujung acara tersebut. Posisi yang ditawarkan adalah Ketua MPP, posisi yang lumayan tinggi, terlebih kalau melihat histori Pak Hatta yang sempat absen di kepengurusan.


Sekilas, hal ini tuh hal yang biasa-biasa aja. Tapi, kalau melihat histori di antara keduanya, bersatunya Pak Zulkifli dan Pak Hatta dalam satu kepengurusan ini adalah hal yang menarik. Keduanya kan sempat bersaing di Kongres PAN tahun 2015.

Bukan sekadar persaingan, tensi tinggi kala itu sempat tersaji dalam kompetisi antara kedua belah pihak itu. Lempar-lemparan kursi seperti yang tersaji di 2020 juga sempat terjadi.

Tuh kan, dulu mereka sempat berseteru, kini mereka bersatu. Kira-kira apa ya yang menyebabkan kedua sosok itu bisa lebih akur di tahun ini?

Yang menarik, di persaingan Pak Hatta dan Pak Zulkifli di masa lalu itu, ada sosok Amien Rais juga. Kala itu, Pak Amien secara terang-terangan bersikap dingin kepada Pak Hatta dan memintanya untuk gak maju lagi dengan alasan regenerasi.

Eh, siapa sangka, di tahun ini, justru nama Pak Amien yang gak disebut dalam kisah antara Pak Zulkfili dan Pak Hatta. Kalau dulu Pak Amien menahan Pak Hatta agar Pak Zulkifli menang, sekarang malah Pak Amien yang justru tertahan ketika Pak Zulkifli dan Pak Hatta bersatu.

Hmmm, apa emang kisah politik tiga orang selalu kayak gini ya?

Ya, kita tunggu aja relasi Pak Zulkifli dan Pak Hatta bakalan seperti apa. Kita tunggu juga, apakah Pak Amien bakalan terlibat lagi di kepengurusan PAN atau enggak? (H33)

► Ingin lihat video menarik lainnya? Klik di bit.ly/PinterPolitik

Ingin tulisanmu dimuat di rubrik Ruang Publik kami? Klik di bit.ly/ruang-publik untuk informasi lebih lanjut.