Gibran: Nostalgia PKS di Solo

PKS Berniat Ngusung Gibran
Gibran Rakabuming Raka (Foto : Regional Kompas)
2 minute read

“True nostalgia is an ephemeral composition of disjointed memories.” – Florence King, American novelist


 PinterPolitik.com

Gibran Rakabuming Raka, putra sulung Presiden Joko Widodo ini populer sekali ya di Solo. Pasalnya sudah tiga partai yang memberi sinyal untuk mengusung Gibran. Sebagai cah aseli Solo, Gibran ini memiliki pengaruh yang kuat di Solo dan siapa pun yang mengusung Gibran diprediksi dapat memenangkan Solo.

Menggaet anak presiden petahana tentu tidak mudah. Apalagi Gibran sudah sowan ke ketum partai bapaknya, PDIP. Gibran pun disuruh belajar mengenai Soekarno dengan bukunya yang beratus-ratus halaman. Ada pula Gerindra yang sempat mau barter sama PDIP tapi sekarang lagi mikir apa enaknya ngusung Gibran bareng partai berlambang banteng itu atau tidak ya. Maklum ketumnya udah jadi bawahan bapaknya Gibran.

Nah, sekarang join pula PKS yang bilang kalo Gibran itu cocoknya sama Abdul Ghofar, Ketua DPD PKS Solo. Menurut Sugeng Riyanto, Gibran sebagai politisi muda masih kurang pengalaman makanya cocok dengan Abdul Ghofar yang dewasa dan memahami regulasi serta penataan kota. Bisa aja alesannya, bilang aja Gibran pengaruhnya kuat makanya dipasangkan sama PKS.


Sebenernya bukan apa-apa. Boleh aja tentunya punya wacana ngusung Gibran. Politik kan cair, mantan rival aja bisa jadi atasan dan bawahan, apalagi sama anak baru yang belum berafiliasi kuat. Tapi pertanyaannya Gibrannya mau ga? Jangan main ajak aja, kan malu kalo ditolak. Lagian PKS juga ga nyebutin mau ngusung bareng PDIP apa sendiri aja. Kalo mau bareng PDIP, sowan dulu lah ke Megawati, ketum partai terkuat saat ini.

Eh, tapi kalo PKS beneran jadi ngusung Gibran, bakal kayak sejarah terulang kembali dong. Soalnya waktu dulu Jokowi nyalon jadi Wali Kota Solo 2.0, juru kampanye (jurkam)-nya kan Hidayat Nur Wahid. Kalo Gibran jadian sama PKS, jurkamnya siapa nih? Hidayat Nur Wahid lagi ataukah malah Sohibul Iman?

Agaknya PKS ingin bernostalgia dengan kenangan manis memenangi Solo dengan Jokowi dulu. Toh berkat PKS Jokowi pun bisa menang di Solo. Yaudah pak, kalo PKS mau menangin Solo lagi itu dipepet Gibrannya, kalo perlu ketum PDIP juga, biar makin moncer. (M52)

► Ingin lihat video menarik lainnya? Klik di bit.ly/PinterPolitik

Ingin tulisanmu dimuat di rubrik Ruang Publik kami? Klik di bit.ly/ruang-publik untuk informasi lebih lanjut.