Gempa Aceh dan Penemuan Pohon Listrik Oleh Bocah 14 Tahun

Ilustrasi: Y 14
2 minute read

Masyarakat sesungguhnya tidak menyangka pohon yang menjadi pagar rumah ini bisa menghasilkan aliran listrik.


pinterpolitik.comSenin, 19 Desember 2016.

Melalui Rantau Field, PT Pertamina EP mengimplementasikan teknologi pohon energi untuk membantu warga korban gempa di Pidie Jaya, Aceh. Gempa yang terjadi pada Rabu, 7 Desember 2016 lalu menyebabkan warga kesulitan untuk bisa mendapatkan penerangan di malam hari. Dari kejadian gempa bumi tersebut, beberapa sumber listrik di Kabupaten Pidie Jaya rusak, sehingga warga tidak mendapatkan aliran listrik.

Muhammad Baron, Public Relation Manager PT Pertamina EP, pada Jumat, 16 Desember 2016 mengatakan bahwa melihat kondisi yang terjadi di Aceh tersebut, pihaknya mencoba mencari solusi terbaik untuk membantu korban gempa Pidie Jaya. Pihaknya melihat banyak terdapat pohon kedondong hutan di Pidie Jaya. Sebelumnya terbukti bahwa pohon tersebut bisa digunakan sebagai penghasil energi listrik alternatif.

Penemuan Pohon Listrik Oleh Bocah
Inovator cilik, Naufal Raziq (14 tahun).

Pohon energi merupakan hasil inovasi yang ditemukan oleh Naufal Raziq (14 tahun) putra daerah yang berasal dari Kota Langsa, Nanggroe Aceh Darussalam. Pohon energi sebelumnya telah dipasang di lokasi Pusat Pemberdayaan Masyarakat Pertamina di Aceh Tamiang, kemudian dipasang juga di Desa Tampur Paloh Kabupaten Aceh Timur. Selanjutnya, pohon energi ini diharapkan bisa membantu meringankan warga Pidie Jaya.

Saat ini instalasi pohon energi mulai dipasang, antara lain di Desa Kuta Pangwa, Masjid Jamik dan akan diteruskan ke lokasi lainnya. Proses pemasangan dan instalasi pohon energi diharapkan berjalan lancar, sehingga masyarakat Pidie Jaya dapat menikmati listrik alternatif di malam hari.


Sementara itu, Marthonis, Koordinator Pengungsi dan Keuchik atau Kepala Desa Kuta Pangwa, menyampaikan bahwa masyarakat merasa sangat terbantu dengan adanya listrik dari Pohon Kedondong untuk membantu penerangan saat malam hari.

Marthonis juga mengatakan bahwa gempa Pidie mengakibatkan aliran listrik terputus, dan warga sangat berterima kasih karena Pertamina mau membantu masyarakat dengan menyediakan penerangan dari Pohon listrik yang merupakan pohon Kedondong Pagar. Masyarakat sesungguhnya tidak menyangka pohon yang menjadi pagar rumah ini bisa menghasilkan aliran listrik. (S13)