Support Us

Available for Everyone, funded by readers

Contribute
E-Book
Home > Fokus BUMN > Erick Thohir Perintahkan Perum Bulog Lawan Mafia Beras

Erick Thohir Perintahkan Perum Bulog Lawan Mafia Beras


R58 - Wednesday, March 4, 2020 18:00
unnamed

0 min read

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memerintahkan  Perum Bulog melawan para mafia beras, terutama di tengah ancaman wabah virus Corana yang terjadi saat ini. Perusahaan pelat merah bidang pengadaan pangan ini dapat melakukan operasi pasar di beberapa tempat guna mengendalikan harga bahan pokok tersebut.






PinterPolitik.com

Hal tersebut dikatakan Erick saat meninjau  Gudang Perum Bulog di Jakarta, Rabu (4/3). Pada kesempatan itu Erick juga memberi peringatan kepada para mafia beras agar tidak memainkan harga di tengah ancaman wabah virus Corona.  Begitu juga kepada para pedagang tidak boleh membeli beras ke petani dengan harga yang merugikan para petani.

Menurut Erick, pihaknya ingin memastikan  tidak ada mafia beras dalam kondisi seperti ini. Karenanya ia menekankan agar Dirut Perum Bulog, Pak Budi Waseso bisa mengatasi hal tersebut. “Berbisni boleh-boleh mengambil untung, tetapi jangan petani dihancurkan pendapatannya. Jangan rakyat disuruh beli mahal,” kata  Erick.

Erick membenarkan saat ini masih ada mafia beras di Indonesia. Tapi, dia tidak mengungkap identitas dari mafia beras yang disinggungnya.  “Dalam berbisnis, hak (penjual) boleh untung. Yang tidak boleh adalah beras ini dimafiakan. Dalam artinya adalah jangan sampai ketika rakyat butuh, harganya  dimahalkan. Ketika panen, harga dibanting, dan petani dimiskinkan,” ungkap Erick.

Erick menambahkan, sangat wajar kepanikan terjadi di tengah masyarakat menyusul penyebaran virus Corona. Di tengah situasi ini, muncul aksi belanja sembako secara besar-besaran sehingga sejumlah pihak mengkhawatirkan harga pangan akan naik akibat kejadian ini.

Sudah menjadi kewajiban bagi Kementerian BUMN untuk hadir mengatasi berbagai permasalahan dan ancaman yang bisa saja muncul terkait kondisi seperti ini. Terutama menjamin ketersediaan stok untuk kebutuhan masyarakat, baik itu yang berhubungan dengan kesehatan maupun akan ketersediaan pangan. (R58)

https://www.instagram.com/p/B9TQuAxlVMN/?utm_source=ig_web_copy_link

? Ingin lihat video menarik lainnya? Klik di bit.ly/PinterPolitik

Ingin tulisanmu dimuat di rubrik Ruang Publik kami? Klik di bit.ly/ruang-publik untuk informasi lebih lanjut.

Berita Terkait