Fachrul Punya “Teman” untuk Anies

Fachrul Razi FPI
Menteri Agama Fachrul Razi (Foto: Kementerian Agama)
2 minute read

“Hati-hati dengan hatiku, karena hatiku mudah layu,” – Dewa 19, Cinta Gila


PinterPolitik.com

Meski sudah berhari-hari berlalu, perkara banjir di kawasan Jakarta dan sekitarnya ini masih terus jadi omongan. Baru-baru ini misalnya ada dua kelompok masyarakat yang turun ke jalan terkait dengan banjir ini, baik yang pro Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan maupun yang kontra.

Nah, perkara banjir ini juga ternyata jadi bahan obrolan Menteri Agama Fachrul Razi ketika berada di satu acara dengan Pak Anies. Jadi, Pak Fachrul ini awalnya menceritakan pengalamannya saat berkunjung ke Dubai, Uni Emirat Arab (UEA).

Mantan Wakil Panglima TNI ini bilang kalau kota yang berada di Timur Tengah itu juga ternyata kena banjir seperti Jakarta. Pak Fachrul lalu berseloroh ke Pak Anies paling gak ada temannya gitu. Diberi pernyataan seperti itu, para hadirin kemudian memberikan gelak tawa mereka.

Hmmm, mungkin pernyataan Pak Fachrul ini jadi gambaran kalau banjir itu adalah tantangan bagi banyak kota di dunia. Jadi ya, Jakarta itu bukan satu-satunya kota besar yang harus menyelesaikan perkara luapan air tersebut.


Terlepas dari hal itu, ngomong-ngomong soal teman, kayaknya  Pak Anies ini lebih butuh teman untuk urusan lain deh, bukan cuma soal teman dalam artian kota yang sama-sama kebanjiran.

Jadi, Pak Anies ini kan udah lumayan lama menjalankan roda pemerintahan ibu kota sendirian tanpa ditemani oleh seorang wakil gubernur (wagub). Dari soal keluar masuk memantau lokasi terdampak sampai menghadapi kritik, semua dijalani Pak Anies seorang diri.

Pendapat semacam ini diungkapkan misalnya oleh Partai Gerindra. Kalau kata partai tersebut, kosongnya kursi wagub ini jadi hambatan Pak Anies dalam mengatasi banjir. Sebuah pengamatan bagus ya, eh ngomong-ngomong Gerindra dan PKS udah punya wagub belum ya buat Pak Anies?

Nah, mungkin teman yang seperti ini oleh Pak Anies untuk mengurusi banjir. Kan capek juga kalau harus menghadapi banjir sendirian, apalagi banyak yang memberikan kata-kata pedas dalam proses ini.

Ya, semoga aja bisa ada teman yang bisa menyertai Pak Anies dalam menjalani pemerintahan, gak Cuma untuk perkara banjir aja. Kalau soal Dubai juga banjir, semoga itu nanti gak jadi semacam hal yang membuat Pak Anies lebih santai karena merasa kota lain juga kebanjiran, gak cuma Jakarta. (H33)

► Ingin lihat video menarik lainnya? Klik di bit.ly/PinterPolitik

Ingin tulisanmu dimuat di rubrik Ruang Publik kami? Klik di bit.ly/ruang-publik untuk informasi lebih lanjut.