Erick, Tuan Rumah Reuni Menteri?

Erick Thohir Reuni Menteri
Menteri BUMN Erick Thohir (Foto: Okezone)
3 minute read

“Ooo… damainya hatiku, kala mentari bersinar lagi,” – Wayang, Damai


PinterPolitik.com

Saga penunjukan kursi-kursi pimpinan BUMN sepertinya masih belum usai ya. Setelah sebelumnya Menteri BUMN Erick Thohir bikin heboh karena menunjuk mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) untuk jadi Komisaris Utama PT Pertamina, ternyata masih ada lagi kursi lain yang mau diisi.

Kabar yang santer berhembus misalnya, ada nama Mantan Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara yang akan menjadi Direktur Utama (Dirut) Perusahaan Listrik Negara (PLN). Kabar ini sendiri dilontarkan oleh Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Ternyata selain Pak Rudiantara, ada nama eks menteri lain yang dikabarkan akan menjadi petinggi perusahaan pelat merah. Mantan Menteri Perhubungan dan Menteri ESDM Ignasius Jonan dirumorkan akan menjadi Komisaris Utama PT Garuda Indonesia.

Masih ada lagi dong ternyata. Dari isu liar yang beredar, mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dirumorkan akan masuk jadi pimpinan Perusahaan Perikanan Indonesia (Perum Perindo).


Wah, banyak juga ya alumni Kabinet Kerja yang dirumorkan akan jadi pimpinan perusahaan pelat merah. Memang sih, banyak yang masih sebatas rumor, meski demikian, kalau kata staf khusus Kementerian BUMN, Arya Sinulingga, kalau ada menteri kabinet lalu yang cocok jadi pimpinan BUMN, ya bisa dimasukkan ke perusahaan-perusahaan itu.

Hmmm, bau-baunya bakal ada reuni Kabinet Kerja nih di BUMN. Kalau beneran itu terjadi, maka para eks menteri itu punya kesempatan untuk kembali bekerja sama dengan pemerintahannya Pak Jokowi.

Dari hal itu, kalau beneran terjadi, Pak Erick ini mungkin jadi semacam tuan rumah bagi gelaran reuni tersebut. Mungkin aja Pak Erick ini adalah sosok yang sangat bersahabat sehingga bisa menjadi tuan rumah bagi pertemuan para teman lama itu.

Baca juga :  Wamen Baru, Politik Akomodasi Jokowi?

Selain itu, mungkin aja Pak Erick ini bukan cuma sekadar tuan rumah yang bersahabat. Pak Erick ini kan sebelumnya adalah pengusaha. Nah, para pengusaha ini umumnya mengutamakan orang-orang yang kinerjanya sudah dikenali ketimbang orang yang sama sekali baru.

Mungkin aja Pak Erick udah cukup mengenal reputasi mereka sehingga nama-nama eks menteri itu diajak bereuni  di BUMN.

Secara spesifik, yang mengenal betul kinerja para eks menteri itu ya Pak Jokowi sendiri. Nah, mungkin aja Pak Erick diberikan saran atau rekomendasi agar para eks menteri itu jadi petinggi perusahaan pelat merah.

Ya, tapi itu semua masih sebatas spekulasi. Toh, belum semuanya resmi diumumkan. Kita tunggu aja nih, apakah Pak Erick beneran akan jadi tuan rumah reuni Kabinet Kerja atau enggak. (H33)

► Ingin lihat video menarik lainnya? Klik di bit.ly/PinterPolitik

Ingin tulisanmu dimuat di rubrik Ruang Publik kami? Klik di bit.ly/ruang-publik untuk informasi lebih lanjut.