Erick Thohir Siapkan Empat RS BUMN Untuk Tangani Pasien Corona

Foto: Tribunnews
2 minute read

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir telah memerintahkan jajarannya menyiapkam empat Rumah Sakit milik BUMN untuk tangani pasien virus Corona (Covid-19).


PinterPolitik.com

Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga mengatakan keempat rumah sakit yang berada di Jakarta, Surabaya, dan Malang telah siap menampung pasien Covid-19.

Menurut Arya, keempat rumah sakit itu adalah RS Pertamina Jaya (RSPJ), RS Pelni di Jakarta, kemudian RS Lavalette Malang dan RS PHC Surabaya di Jawa Timur.

“Ada empat rumah sakit yang bener-bener kami lihat sudah bisa siap menghadapi Corona. Pertama Pelni, Lavalette Malang, PHC Surabaya di samping Rumah Sakit Pertamina Jaya Jakarta di Jalan Ahmad Yani,” katanya dalam pesan singkat, Rabu (18/3).

Arya  menjelaskan, saat ini pihaknya tengah menyiapkan 31 rumah sakit untuk menangani Covid-19. Namun, untuk menangani Covid-19 mesti mendapat persetujuan dari pemerintah.

“Nanti ada sekitar 31 rumah sakit yang kami siapkan untuk sebagai rumah sakit rujukan yang kami usulkan kepada pemerintah,” ujarnya.

Di samping itu, pihaknya juga menyiapkan satu hotel (Hotel Patra) untuk antisipasi Covid-19. Hotel itu untuk menampung orang dalam pemantauan (ODP).

“Kami juga menyiapkan satu hotel BUMN yang memang dialihkan fungsikan menjadi rumah sakit. Ada sekitar 50-an tempat tidur diperuntukkan save house yang dia ODP, orang dalam pengawasan. Belum PDP, belum Corona. ODP khusus artinya orang-orang yang dianggap punya kedekatan pasien Corona,” tandasnya.

Sebagaimana diketahui saat ini Kementeriann BUMN memiliki sedikitnya 68 rumah sakit yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Ke-68 rumah sakit tersebut saat ini dikelola oleh 15 perusahaan pelat merah dan anak usaha mereka. (R58)

► Ingin lihat video menarik lainnya? Klik di bit.ly/PinterPolitik

Ingin tulisanmu dimuat di rubrik Ruang Publik kami? Klik di bit.ly/ruang-publik untuk informasi lebih lanjut.