Erick Thohir Inginkan Orang Muda Isi Posisi Direksi BUMN

Erick Thohir Inginkan Orang Muda Isi Posisi Direksi BUMN
Erick Thohir Inginkan Orang Muda Isi Posisi Direksi BUMN (Foto: The Jakarta Post)
2 minute read

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir  menginginkan jabatan direksi di perusahaan pelat merah diisi oleh kaum muda.  Setidaknya  orang nomor satu di kementerian BUMN ini menargetkan 10 hingga 15 ada orang muda bisa mengisi beberapa jabatan di lingkungan perseroan milik negara tersebut.


PinterPolitik.com

“Saat ini tercatat ada 142 perusahaan milik negara. Kalau ada 10 direksi yang muda kan bagus,” kata Erick Thohir di Ciputra World 1, Jakarta Selatan, Rabu malam (19/2).

Meski menginginkan anak muda terlibat langsung mengurus perusahaan pemerintah, namun Erick menyebut tetap harus melewati serangkaian seleksi.

Menurutnya  proses penilaian pun sedang berlangsung di masing-masing internal perusahaan. “Ada perusahaan yang assessment, jadi bukan hasil tunjuk-tunjuk,” tandas Erick.

Proses penilaian internal yang berhasil dilakukan yakni Claus Wamafma. Seorang putra daerah asal Papua yang ditunjuk sebagai Direktur PT Freeport Indonesia beberapa waktu lalu.


Erick mengungkapkan, Claus meniti karier di Freeport dari bawah. Selama 20 tahun bekerja, Claus sudah menjajal beragam posisi di Freeport.

Dia pernah menjabat sebagai Pengawas Umum Pergudangan sejak 2008 hingga 2011 serta Manajer Pergudangan pada Juli 2011 hingga ditetapkan menjadi SVP.

Jabatan terakhir sebelum diangkat jadi direktur utama, Claus dipercaya sebagai Senior Vice President (SVP) membawahi CSR (Corporate Social Responsibility), partnership fund serta community development.

Erick menambahkan proses yang sama juga tengah berlangsung di beberapa perusahaan BUMN lainnya. Namun Erick  enggan membeberkan perusahaan mana lagi yang bakal dipimpin oleh anak muda dan berasal dari internal perusahaan.

“Kita sedang berjalan, tinggal bagaimana kita sebagai pimpinan itu lebih baik lagi,”pungkas Erick. (R58)

► Ingin lihat video menarik lainnya? Klik di bit.ly/PinterPolitik

Ingin tulisanmu dimuat di rubrik Ruang Publik kami? Klik di bit.ly/ruang-publik untuk informasi lebih lanjut.