Erick Thohir Batasi BUMN Gelar Pertemuan Tak Perlu

Foto Sindonews
2 minute read

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menginstruksikan kepada seluruh jajaran perusahaan pelat merah untuk tidak menggelar pertemuan-pertemuan tidak perlu yang bersifat melibatkan banyak orang, seperti salah satunya rapat di luar daerah.


PinterPolitik.com

“Kami menjaga semua bentuk rapat, jumlah orang yamg hadir dalam rapat, kemudian juga pembatasan-pembatasan mobilitas dibatasi. Di samping itu waktu rapat juga dibatasi. Jadi banyak hal yang dibatasi. Tapi secara umum BUMN tetap beraktivitas seperti biasa,” kata Erick, sebagaimana rilis resmi Kementerian BUMN, Mnggu (15/3).

Erick juga memastikan BUMN tetap beroperasi secara normal. Hingga saat ini tidak ada instruksi untuk penutupan layanan BUMN di berbagai wilayah di Indonesia.

“BUMN tetap beroperasi seperti biasa, terutama BUMN yang melayani publik. Perbankan, telekomunikasi, bandara, pelabuhan, ferry, penerbangan, kereta api, bis, operator jalan tol, Rumah Sakit, farmasi semuanya tetap melayani Indonesia,” tegas Erick.

Sementata itu, untuk mencegah penyebaran virus Corona, orang nomor satu Kementerian BUMN ini mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk bergotong royong turut membantu pemerintah dalam upaya pencegahan virus tersebut.

Erick juga tak sungkan-sungkan mencontoh negara Vietnam dan Singapura dalam perlawanan virus Corona yang melibatkan peran serta masyarakat.

“Selama ini, memang pemerintah sudah memiliki program penanganan virus Corona di Indonesia. Hanya saja pemerintah membutuhkan komitmen dari masyarakat dalam perlawanan virus ini,” imbuhnya.

Erick juga menyarankan kepada masyarakat untuk lebih sadar akan kebersihan. Salah satu hal kecil yang dicontohkan Erick adalah budaya mencuci tangan. Hal ini karena perilaku dasar ini merupakan modal utama dalam perlawanan terhadap virus Corona.

“Kita lakukan hal terkecil yang memang harus kita lakukan, mulai dari rutin mencuci tangan, menjaga kebersihan kantor dan rumah, tidak menghadiri acara yang penuh orang seperti konser, pertandingan olahraga, tempat wisata, resepsi pernikahan,” tandasnya.

Terakhir, Erick menyarankan bagi yang berusia di atas 50 tahun atau yang sedang sakit, lebih baik menjaga diri untuk tidak keluar rumah. (R58)

► Ingin lihat video-video menarik? Klik di bit.ly/PinterPolitik

Ingin tulisanmu dimuat di rubrik Ruang Publik kami? Klik di bit.ly/ruang-publik untuk informasi lebih lanjut.