Edhy Prabowo Merenggut Warisan Susi?

Edhy Prabowo Hapus Warisan Susi Pudjiastuti
Edhy Prabowo dan Susi Pudjiastuti (Foto : Kompas.com)
2 minute read

“My work… is my legacy.” – Patrick Swayze


 PinterPolitik.com

Edhy Prabowo, Menteri Kelautan dan Perikanan lagi dikritik nih. Pasalnya, sempet rame kalo beliau mau mencabut kebijakan penenggelaman kapal pencuri ikan. Nah, kebijakan penenggelaman kapal yang diinisiasi oleh Susi Pudjiastuti ini kan disebut-sebut berhasil menurunkan angka illegal, unreported dan unregulated fishing (IUU Fishing) sekitar 90% di perairan Indonesia.

Pastilah wacana penghapusan kebijakan ini bikin waswas banyak pihak, karena selain ngurangin IUU Fishing, nenggelamin kapal pencuri ikan asing juga meningkatkan persediaan ikan bagi nelayan lokal.

Kalo kata Edhy Prabowo sih itu bukan fokus kebijakannya. Jokowi pun memang memberi tugas khusus bagi Edhy Prabowo buat memperbaiki hubungan pemerintah dengan para nelayan.


Lah, terus gimana dengan potensi merebaknya kembali fenomena IUU Fishing di Indonesia?

Menurut Edhy Prabowo sih kebijakan penenggelaman kapal gak akan diapus sepenuhnya, cuman dia akan lebih selektif aja. Kalo kapalnya diserahkan baik-baik ya disimpen dan kalo sudah inkrah akan diserahkan ke nelayan yang membutuhkan. Buat kapal yang kabur pas dikejar, baru akan ditenggelamkan sesuai prosedur.

Intinya ya Edhy Prabowo pilih-pilih lah, beda pemimpin beda gaya. Namun pilihan Edhy ini sebenernya gak sejalan sama pendahulunya. Kapal asing pencuri ikan yang diberikan ke nelayan atau dilelang punya kemungkinan dibeli lagi sama yang punya.

Bu Susi ini kan berpengalaman dalam penanganan IUU Fishing, jadi omongannya perlu diperhitungkan. Pasalnya kalo misalnya dengan mengurangi penenggelaman kapal IUU Fishing justru kembali merebak, ya nelayan lokal akan kalah saing dengan kapal pencuri ikan yang kapasitasnya lebih masif.

Nah, Pak Edhy harus berhati-hati kalau memilih kebijakan. Jangan sampai mau merangkul nelayan, malah berpotensi menyengsarakan nelayan. Apalagi nelayan merupakan profesi yang rentan terekspos kemiskinan.

Sepertinya Edhy Prabowo telah merenggut warisan kebijakan penenggelaman kapal Susi Pudjiastuti. Emang sih gak sepenuhnya kebijakan Susi itu bisa dinilai positif, cuman kalo misalnya nanti dampaknya malah merugikan nelayan yah kasian dong mereka. Baiknya Pak Edhy ini diskusi dulu lah sama pakar IUU Fishing Indonesia yaitu Susi Pudjiastuti. Siapa tau setelah diskusi bisa langsung tercerahkan. (M52)

► Ingin lihat video menarik lainnya? Klik di bit.ly/PinterPolitik

Ingin tulisanmu dimuat di rubrik Ruang Publik kami? Klik di bit.ly/ruang-publik untuk informasi lebih lanjut.

Baca juga :  Suharso Ingin PNS “Liburan Terus”?