Di AS, Risma Kerja Bakti

Di AS, Risma Kerja Bakti
2 minute read

Jauh-jauh datang ke AS, Walikota Surabaya Tri Rismaharini tetap lebih suka ikut kerja bakti dan bersih-bersih sampah.


PinterPolitik.com

Entah mengapa, belakangan banyak juga petinggi Indonesia yang sowan ke Amerika Serikat. Tapi berbeda dengan kasus Panglima TNI Gatot Nurmantyo yang ditolak masuk, Walikota Surabaya Tri Rismaharini aman-aman aja tuh datang ke negeri Paman Sam itu.

Mungkin karena selain diundang sebagai pembicara di forum PBB, Bu Risma juga bakal nyambi jadi ‘tukang sampah’ di salah satu negara bagian negara itu, Philadelphia. Hebatnya, demi ikut kerja bakti, Bu Risma rela melalui perjalanan 2,5 jam dari tempat konferensi di New York ke Philadelphia.

Usut punya usut, ternyata di pinggiran negara bagian itu ada sebuah kawasan yang disebut little town of Surabaya. Dari namanya, bisa diterka kalau banyak imigran asal Surabaya di wilayah itu. Dari sekitar delapan ribu imigran Indonesia di wilayah itu, kabarnya sebagian besar memang berasal Surabaya.

Baca juga: Geliat Pemimpin Otentik


Jadi pantas aja Bu Risma bela-belain datang ke sana. Jarang-jarang ada di negara asing bisa ngobrol sama segerombolan orang pakai bahasa Suroboyoan. Yo opo kabare, rek? Apik ta? Pasti begitu sapaan Bu Risma ke mereka.

Buat penduduk kota kecil Surabaya di Amerika, kedatangan Bu Risma sudah tentu peristiwa istimewa. Bu Risma, gitu lho. Nama Surabaya bisa mendunia ya berkat walikota perempuan satu ini. Sebagai perantau, mereka tentu ikut bangga dengan prestasi-prestasi yang didapat kota kelahirannya.

Berhubung Bu Risma terkenal hobi bebersih, maka penduduk kota itu pun sengaja menyambutnya dengan melakukan kegiatan kerja bakti. Kebetulan, Philadelphia ternyata memang terkenal kota terkotor di negaranya. Taman-tamannya pun banyak yang enggak keurus. Wah pas banget kan.

Baca juga :
Komitmen Jokowi Diuji Lagi

Jadi tanpa ba-bi-bu, Bu Risma langsung ikut pegang sapu, bahkan nyoba nyetir mobil penyedot sampah yang dibeli dari hasil patungan warga Indonesia di sana. Saking kerennya, walikota Philadelphia aja sampai ikut memuji Bu Risma. Dibalik pujiannya, pasti juga ada malu kali ya, ternyata taman di sana lebih kotor dari Indonesia!

Sudah senang-senang kerja bakti di AS, eh ndilalah begitu sampai di Surabaya, Bu Risma stres lagi. Gimana enggak, Walikotanya pergi eh bawahannya malah enak-enakan kerjanya. Mumpung ya Pak, Bu, kalo ada Ibu Risma kan enggak bisa nyantai. Akhirnya ngamuk lagi deh si Ibu di apel pagi. Sampai-sampai yang bercanda di setrap di depan barisan kayak anak SMA. Rasaiiin… (R24)