Dewas Akui KPK Dilemahkan?

KPK Kabinet Jokowi
Gedung KPK (Foto: Antara Foto)
2 minute read

“Ku akui tubuhku melunglai, sempat ku memuji dalam hatiku,” – Shanty feat. Marcell, Hanya Memuji


PinterPolitik.com

Pelemahan KPK. Sepertinya kata-kata itu menjadi salah satu isu yang belakangan kerap dibicarakan banyak orang. Para aktivis dan masyarakat pro pemberantasan korupsi meyakini hal itu tengah terjadi melalui revisi UU KPK.

Di lain pihak, para politisi tampaknya bersikap lebih lunak dan dalam beberapa kasus justru memberi apresiasi pada revisi UU KPK. Di media sosial, pendapat semacam ini kerap juga dilontarkan oleh para pendengung alias buzzer.

Dalam berbagai perdebatan tersebut, keberadaan Dewan Pengawas (Dewas) KPK kerap disebut sebagai salah satu faktor pelemahan KPK. Gimana enggak, sejumlah kewenangan komisi antirasuah yang dulu bisa dijalankan tanpa banyak alur birokrasi, kini harus mendapat izin dari dewas tersebut.

Makanya, banyak aktivis antikorupsi yang pesimis dengan Dewas KPK meski dewan tersebut diisi nama-nama berkaliber tinggi dan memiliki niatan untuk menjaga pemberantasan korupsi di negeri ini.

Nah, yang unik, sekarang ini pengakuan pelemahan KPK justru berasal dari Dewas KPK itu sendiri. Anggota Dewas KPK Syamsuddin Haris menyebutkan kalau revisi UU KPK itu cenderung melemahkan KPK. Wow!

Gimana ya, Dewas KPK yang merupakan hasil dari revisi UU KPK ternyata mengakui kalau revisi UU KPK ini memang cenderung melemahkan. Apakah ini gak bisa disebut sebagai sesuatu yang sangat ironis?

Di luar itu, mungkin orang jadi bertanya-tanya soal kualitas legislasi yang dihasilkan para pejabat terkait dengan revisi UU KPK. Kok bisa gitu sebuah UU dibilang melemahkan KPK oleh orang yang sekarang dapat dibilang sebagai produk dari UU tersebut.

Selain itu, para pemuja revisi UU KPK ini harus berkata apa ya kalau mendengar pernyataan Pak Syamsuddin ini? Ini Dewas-nya sendiri loh yang mengakui kalau revisi UU KPK cenderung melemahkan komisi antirasuah.

Ya, gak tahulah. Terlepas dari itu Pak Syamsuddin dan rekan-rekannya di Dewas mungkin harus membuktikan kalau mereka serius untuk mencegah pelemahan itu terjadi jauh lebih besar. Kita tunggu aja kiprah Dewas ini apakah bisa mewujudkan hal itu atau enggak. (H33)

► Ingin lihat video menarik lainnya? Klik di bit.ly/PinterPolitik

Ingin tulisanmu dimuat di rubrik Ruang Publik kami? Klik di bit.ly/ruang-publik untuk informasi lebih lanjut.