Corona: Savage ala PKS

Corona Savage ala PKS
Presiden PKS Sohibul Iman menyerahkan bantuan alat kesehatan pada Ketum PB IDI dr. Daeng M. Faqih. (Foto: PKS.id)
3 minute read

“I’m a savage. I ain’t romantic. When I come around, these rapper n***as start to panic” – 21 Savage, penyanyi rap kelahiran Inggris


PinterPolitik.com

Gengs, pernah dengar kata mutiara dalam bukunya Goenawan Mohamad yang berjudu Pagi dan Hal-Hal yang Dipungut Kembali? Begini tulis belia, “Saya tak mengharapkan pahlawan. Orang tak selalu baik, benar, dan berani. Tapi saya mengagumi tindakan yang baik, benar, berani, biarpun sebentar.”

Kalau pernah atau baru dengar pertama ini, maka ulasan di bawah ini ada cocoknya. Soalnya jelas, ini debat antara para politisi yang entahlah gemar sekali berlaku seperti pahlawan. Bingung pale abdih!

Nah, cuitan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang nyinyir ke pemerintah. Kali ini niatnya bagus sih. Mereka manganggap bahwa pemerintah Indonesia lamban dalam membuat kebijakan. Bahkan nih, mereka nyindirnya seperti ini, cuy, “hujan sudah lebat baru mau bikin payung”.

Kita positive thinking aja ya, gengs. Mungkin, maksud PKS itu agar pemerintah gak keseringan lelet. Maksud PKS ini seperti berjodoh sama quote Sun Tzu yang bilang “Victorious warriors win first and the go to war, while defeated warriors go to war first and then seek to win.”


Kalimat ini intinya adalah – biar gampang ya – prajurit yang punya jiwa pemenang itu sudah yakin bahwa mereka menang, baru berperang. Sementara, prajurit yang kalahan itu pergi berperang dulu.

Untuk soal kalah atau menang tunggu hasil pertandingan. Sun Tzu sebenarnya kan ingin memberi tekanan pada soal persiapan dan kemantapan. Hasil dari itu dapat berupa keyakinan.

Duduk soalnya, bagaimana bisa Indonesia yakin menang lawan Corona kalau semua perlengkapan perang melawannya nih kurang? Ayo di-list, gengs. Alat medis? Boro-boro lengkap, lha wong dokter dan tenaga medis aja sampai harus ngebut bahan sendiri.

Peraturan ketat untuk memutus rantai penularan? Hadeh, kenapa gak dari awal sih? Ini urusan kesehatan warga loh. Apa lagi? Silahkan gengs semua mengisi.

Minimnya alat-alat medis ini sampai ngebikin banyak pihak di luar pemerintahan buat menggalang bantuan lho. Nggak sedikit figur-figur publik menggunakan pengaruhnya dengan membuka donasi bantuan. PKS sendiri misalnya, udah ngirim masker dan beberapa alat kesehatan lainnya lho buat para tenaga medis di garis terdepan.

Hmm, mungkin, pemerintah perlu nih ngecontoh perilaku-perilaku yang membantu seperti ini. Nggak hanya pemerintah, partai-partai lain coba deh meniru simpati dan empati ala PKS ini. Jangan hanya muncul waktu tertentu aja. Hehe.

Ya, semoga aja kritiknya PKS – dan sebagian masyarakat – ini didengar lah sama pemerintah. Berita dari hari ke hari juga menunjukkan kalau dampak pandemi semakin tak terbendung. Coba dulu sedia payung – daripada cuma tertawa meremehkan. (F46)

► Ingin lihat video menarik lainnya? Klik di bit.ly/PinterPolitik

Ingin tulisanmu dimuat di rubrik Ruang Publik kami? Klik di bit.ly/ruang-publik untuk informasi lebih lanjut.