Citos Mainan Cantik Di Tengah Skandal Jiwasraya

Foto: Law-Justice
3 minute read

Nama Mal Cilandak Town Square (Citos) mendadak tenar karena kerap disebut-sebut sebagai salah satu  aset milik PT Asuransi Jiwasraya yang akan dijual untuk membayar utang nasabah perusahaan asuransi pelat merah tersebut yang saat ini tersandung skandal kasus dugaan korupsi.


PinterPolitik.com

Citos yang berlokasi di Jalan TB Simatupang, sekitar wilayah Fatmawati dan Cilandak, Jakarta Sekatan yang disebut memiliki nilai jual antara 2-3 triliun rupiah tersebut, dianggap sebagai solusi terbaik bagi utang  Jiwasraya.

Nama Citos muncul sebagai aset terbesar milik Jiwasraya yang dinilai paling layak bisa dijual. Meskipun diduga masih ada aset lainnya milik perusahan asuransi terbesar milik BUMN  tersebut.

Ada beberapa  aset properti yang diduga milik Jiwasraya, di mana perusahaan asuransi ini pernah berinvestasi, seperti tiga penyertaan Jiwasraya di aset-aset golf dan pengelola gedung.

Tercatat Jiwasraya masuk ke PT Arthaloka Indonesia sebanyak 2,88 persen, sementara lainnya yakni PT Pondok Indah Padang Golf 0,23 persen, dan PT Langen Kridha Pratyangga 0,40 persen pada tahun 2015 dan 2016 itu.

Namun  belum diketahui apakah Jiwasraya masih atau sudah keluar dari penyertaan saham tersebut.

Arthaloka Indonesia adalah perusahaan manajemen buillding yang berlokasi di Gedung Arthaloka lantai 17.  Saat ini nama perusahaan berganti menjadi PT Taspen Properti Indonesia karena memang menjadi anak usaha PT Taspen (Persero) dengan kepemilikan saham sebesar 90,13 persen mengacu laporan keuangan Taspen 2018. Nama gedungnya kini menjadi Menara Taspen.

Sementara itu, Pondok Indah Padang Golf adalah pengelola golf yang didirikan pada 17 Agustus 1976. Mengacu laporan pemegang saham 31 Desember 2017, kala itu saham perusahaan dipegang oleh beberapa pengusaha Indonesia, dan beberapa investor lainnya.

Adapun Langen Kridha adalah penyelenggara padang golf dan sarana-sarana lainnya seperti penyediaan sarana olahraga dan rekreasi, termasuk club house Bandung Giri Gahana Golf and Resort. Langen berdiri pada 6 Maret 1986 sebagaimana terungkap dalam situs resminya.

Baik Pondok Indah Padang Golf maupun Langen Kridha Pratyangga, sebelumnya berstatus Tbk (perusahaan publik yang tercatat di Bursa Efek Indoensia), tapi kini sudah tidak berstatus Tbk lagi di nama perusahaannya.

Kalau dilihat status aset kepemilikannya, memang Citos lah yang dinilai paling aman, karena hampir 100 persen aset milik Jiwasraya. Namun permasalahannya, saat ini status pengelolaan Citos berada pada pihak lainnya, di mana Jiwasraya sejak 13 Juni 2001 menandatangani perjanjian untuk menyewakan tanah dengan hak untuk mengoperasikan (skema bangun-kelola-serah) kepada PT Graha Megaria Raya (pengelola Cilandak Town Square) selama 20 tahun sejak 1 Desember 2002 sampai dengan 30 November 2022 mendatang, atau masih tersisa dua tahun lagi. (R58)

► Ingin lihat video menarik lainnya? Klik di bit.ly/PinterPolitik

Ingin tulisanmu dimuat di rubrik Ruang Publik kami? Klik di bit.ly/ruang-publik untuk informasi lebih lanjut.