HomeCelotehSri Mulyani Tiru Gaya Jokowi?

Sri Mulyani Tiru Gaya Jokowi?

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati melakukan blusukan ke Pasar Santa yang terletak di Jakarta Selatan, DKI Jakarta. Apakah kini Sri Mulyani sudah mulai meniru gaya blusukan ala Presiden Joko Widodo (Jokowi)?


PinterPolitik.com

Waktu mimin masih duduk di bangku sekolah dasar (SD) dulu, mimin merupakan salah satu siswa yang rajin dan selalu mempehartikan apa yang dibilang guru-guru lhoLho, iya lho. Masa nggak percaya sihHehe.

Buktinya aja, sampai sekarang, mimin masih ingat salah satu istilah yang diajarkan oleh guru SD mimin, yakni kata “pasar”. Kata guru mimin, pasar merupakan sebuah tempat di mana kegiatan ekonomi, khususnya transaksi jual-beli terjadi. Bahkan, bisa juga terjadi upaya tawar-menawar untuk menentukan harga barang dan jasa yang dijual.

Nahmimin juga ingat lho pembedaan jenis-jenis pasar yang diajarkan guru mimin dulu. Ada dua pembedaan yang pasti, yakni pasar tradisional dan pasar modern (swalayan). Biasanya sih, ibu mimin tiap pagi pergi berbelanja kebutuhan pokok di sebuah pasar tradisional yang berlokasi dekat rumah. Ya, katanya sih, harga barang-barang pasar tradisional lebih terjangkau.

Mungkin, inilah mengapa Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati (Ani) memutuskan untuk berbelanja di sebuah pasar di Jakarta Selatan, yakni Pasar Santa. Kabarnya, Bu Ani ini juga berbelanja kebutuhan pokok seperti sayuran. Kalau mimin sih, biasanya beli gorengan kalau ke Pasar Santa. Hehe.

Baca Juga: Logika Terbalik Pajak Sri Mulyani

Pajak Sembako Premium

Tapi nihmimin jadi terpikirkan akan sebuah konsep melihat Bu Ani berbelanja ke Pasar Santa. Apakah Bu Ani kini juga mulai melakukan kegiatan blusukan? Kan, biasanya, yang blusukan adalah Presiden Joko Widodo (Jokowi) tuh. Apa Bu Ani mau meniru gaya Pak Jokowi? Hehe.

- Advertisement -

Ya, terlepas mau meniru atau tidak, Bu Ani ternyata datang ke pasar tersebut setelah muncul polemik akan wacana pajak sembako yang akan diterapkan oleh pemerintah. Sontak saja, sebagai kebutuhan pokok, sembako yang dipajaki bisa aja dong memberatkan masyarakat kelas menengah ke bawah – apalagi gelombang pandemi Covid-19 belum juga usai tuh.

Eitstapi, tenang ajagaes. Ternyata, oh, ternyata, sembako yang bakal dipajaki adalah sembako premium, yakni bahan-bahan pangan pokok yang dinilai memiliki nilai jual tinggi. Bu Ani sih mencontohkan daging sapi wagyu sebagai salah satu sembako yang bakal kena pajak.

Baca juga :  Yenny Wahid Runtuhkan Khilafatul Muhaimin?

Ngomong­ngomong soal daging sapi wagyu nihmimin jadi pengen nih. Apalagi, daging sapi wagyu itu ada grade-grade-nya lho. Semakin tinggi grade-nya, semakin mahal juga harganya.

Hmm, kalau blusukan Bu Ani kira-kira grade-nya berapa ya? Apa udah setingkat dengan Pak Jokowi atau Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini (Risma)? Seingat mimin sih, Bu Ani namanya juga masuk lho dalam bursa calon presiden (capres) dari kalangan perempuan. Hehe. (A43)

Baca Juga: Sri Mulyani, Pajak, Revolusi?


► Ingin lihat video menarik lainnya? Klik di bit.ly/PinterPolitik

Ingin tulisanmu dimuat di rubrik Ruang Publik kami? Klik di bit.ly/ruang-publik untuk informasi lebih lanjut.

spot_img

#Trending Article

Ceker Ayam, Rahasia Kemajuan Tiongkok?

“Kami berusaha menyerap kenaikan harga komoditas ini, dengan memanfaatkan seluruh bagian ayam. Itu berarti menggunakan setiap bagian ayam, kecuali bulunya, kurasa.” – Joey Wat, CEO...

Surya Paloh Siap Relakan Megawati?

Intrik antara partai yang dipimpin Surya Paloh (Nasdem) dan PDIP yang dipimpin Megawati semakin tajam. Siapkah Paloh relakan Megawati?

Melacak Arah Petir Brigadir J?

“CCTV harus diuji. Kenapa harus diuji? Pertama CCTV sudah disambar petir. Maka kalau tiba-tiba CCTV ketemu kembali, harus dibikin acara dengan petir, kapan petir...

Anies Ikuti Jejak Soekarno?

“Perubahan nama Rumah Sakit menjadi Rumah Sehat, dilakukan agar Rumah Sakit ikut ambil peran dalam pencegahan penyakit, sekaligus mempromosikan hidup sehat.” – Anies Baswedan,...

Jokowi Kameo Pilpres 2024?

“Yang paling sering kalau ke kondangan. Bahkan saat nyumbang ke Surabaya, ada yang bilang kalau ada tamu Pak Presiden lagi blusukan. Bahkan ada yang rebutan...

Jakarta-Shanghai, Apple to Apple?

“In the long run, your human capital is your main base of competition. Your leading indicator of where you're going to be 20 years...

Sambo Tidak Selincah Ninja Hatori?

“Kalau naik gunung itu, pijakan kakinya harus kuat. Jangan mengandalkan tarikan orang di atas. Kekuatan diri sendiri yang membawa kita ke atas.” – Brigjen...

Anies-AHY Kawin Paksa?

“Tentu proses membangun chemistry antara satu dan yang lain penting, bukan kawin paksa,” - Willy Aditya, Ketua DPP Partai NasDem PinterPolitik.com Siapa yang tidak kenal dengan Siti...

More Stories

Anies: Bukan Soal Arab-Jawa

Persoalan identitas Anies Baswedan dimunculkan Ruhut Sitompul usai putrinya menikah berbudaya Jawa. Mengapa ini bukan soal Arab atau Jawa?

Ma’ruf Amin Dukung Anies 2024?

Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin tetap ingin netral di 2024. Namun, beberapa waktu lalu, sambut kunjungan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Prabowo Pasti Gagal di 2024?

Nama Prabowo Subianto dirumorkan bakal jadi sosok yang didukung Presiden Jokowi di 2024. Mengapa hal itu sebenarnya mustahil?