Support Us

Available for Everyone, funded by readers

Contribute
E-Book
Home > Celoteh > Saatnya Satpam “Upgrade Skin”?

Saatnya Satpam “Upgrade Skin”?


A43 - Saturday, January 15, 2022 16:00
Seragam satuan pengamanan (satpam). (Foto: FaktaBerita.co.id)

0 min read

Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) berencana mengubah warna seragam satuan pengaman (satpam) dari warna coklat tua menjadi warna krem. Mengapa perubahan seragam ini menjadi penting?


PinterPolitik.com

Satpam Frenzy (2022) merupakan sebuah gim video yang dirilis oleh Polri Games dan dikembangkan oleh Satpam Inc. Gim ini merupakan sebuah gim yang ber-genre petualangan (adventure) dan dress-up.

Dari sisi petualangan, pemain bisa memainkan karakter Satpam untuk menyelesaikan misi-misi pengamanan. Dalam gim ini, Satpam diminta untuk mengamankan masyarakat dari berbagai ancaman.

Dalam setiap level, ancaman yang dihadapi oleh pemain juga bervariasi. Pada level pertama, misalnya, karakter Satpam harus bersikap ramah kepada warga yang berkunjung. Stage yang diambil di level ini adalah bank di mana masyarakat biasa menabung.

Di sejumlah level kemudian, pemain akan mendapati sejumlah tantangan (challenges) yang lebih sulit – seperti menghadapi warga yang enggan scan aplikasi PeduliMelindungi dan mengukur temperatur tubuh, ancaman pencurian, penculikan, hingga terorisme. Tantangan tersulit ada di level terakhir – di mana karakter Satpam harus membantu petugas Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (KPTPK) untuk melakukan operasi tangkap tangan (OTT).

Baca Juga: Satpam Makin Mirip Polisi?

Satpam Upgrade Skin

Terdapat sebuah fitur lain yang membuat gim ini unik. Pemain juga bisa memodifikasi karakter Satpam-nya dengan sejumlah aksesoris dan skin – layakmya gim-gim yang ber-genre dress-up.

Pemain bisa memilih juga sejumlah paket skin – seperti paket skin putih-biru, skin biru-biru, skin coklat tua, hingga skin yang terbaru berwarna krem. Setiap paket skin ini tentu mampu memberikan attributes dan skills tersendiri kepada si karakter – meskipun sebenarnya tidak terlalu signifikan.

Untuk memperoleh skins baru tersebut, pemain juga harus membelinya dari market yang tersedia dalam gim. Bukan tidak mungkin, permainan yang harus membayar agar dapat memperoleh skins ini akan menghabiskan uang.

Namun, tidak jarang, terdapat juga “bisnis” jual-beli skins dalam gim ini. Biasanya, para “pemain” akan menjualnya di forum-forum tertentu. (A43)

Baca Juga: Gonta-ganti Baju Satpam


► Ingin lihat video menarik lainnya? Klik di bit.ly/PinterPolitik

Ingin tulisanmu dimuat di rubrik Ruang Publik kami? Klik di bit.ly/ruang-publik untuk informasi lebih lanjut.

Berita Terkait