Support Us

Available for Everyone, funded by readers

Contribute
E-Book
Home > Celoteh > Saatnya Ma’ruf Buka Open Trip?

Saatnya Ma’ruf Buka Open Trip?


A43 - Wednesday, June 30, 2021 20:15
KH Ma’ruf Amin (tengah) berkunjung ke Raja Ampat, Papua Barat, untuk menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Majelis Ulama Indonesia (MUI) ke-4 pada tahun 2018 silam. (Foto: Istimewa)

0 min read

Wakil Presiden (Wapres) KH Ma’ruf Amin mengajak masyarakat untuk berwisata ke Raja Ampat, Papua Barat, untuk menghidupkan kembali pemulihan ekonomi di sektor wisata. Apa perlu Kiai Ma’ruf buka jasa open trip?


PinterPolitik.com

Raja Ampat. Siapa yang nggak pengen buat pergi ke sana? Dengan 500 lebih karang yang saling berjejeran dan aneka biota laut di bawahnya, kepulauan yang terletak di Provinsi Papua Barat ini menjadi salah satu destinasi wisata yang diimpikan banyak orang.

Meski begitu indah, untuk bisa ke Raja Ampat, tentu dibutuhkan upaya, khususnya biaya lebih dan cukup besar. Kalau mimin cari-cari di Google nih, satu orangnya kira-kira membutuhkan setidaknya Rp 2 juta hingga Rp 5 jutaan lebih lho. Hmm, lumayan mahal juga ya.

Tapi nih, ehem, ada pejabat yang tiba-tiba ngajak masyarakat untuk pergi berlibur ke Raja Ampat. Beliau adalah Wakil Presiden (Wapres) KH Ma’ruf Amin. Wah, ternyata, Pak Kiai Ma’ruf nggak AFK (away from keyboard) seperti yang dibilang banyak orang. Hehe.

Kata Pak Kiai sih, ajakan ini diungkapkan agar masyarakat bisa membantu pemulihan ekonomi di sektor wisata. Dengan banyaknya wisatawan yang datang, bukan nggak mungkin keadaan ekonomi sekitar juga terangkat.

Ya, bagus sih kalau niatnya untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Barang kali, Pak Kiai Ma’ruf bisa tuh membuka dan mempromosikan open trip ke Raja Ampat. Siapa tahu Pak Kiai juga jadi trip leader-nya sekalian tuh di sana? Hehe.

Kan, ada banyak juga tuh promosi wisata open trip yang mengajak untuk berwisata secara rombongan ke tempat-tempat yang menarik seperti Raja Ampat dan Labuan Bajo. Hayoo, siapa yang mau ikut open trip-nya Pak Wapres?

Baca Juga: Ma'ruf Amin Mulai Unjuk Gigi?

Wisata Mistis Sandiaga Uno

Tapi nih ya, Pak, banyak lho yang akhirnya mempermasalahkan ajakannya Pak Kiai Ma’ruf. Ada yang bilang kalau pernyataan Pak Wapres justru berseberangan dengan pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Pak Jokowi malah mengimbau masyarakat untuk tetap stay di rumah aja apabila tidak ada keperluan mendesak. Apa yang dibilang Pak Presiden masuk akal sih – apalagi pandemi Covid-19 kini tengah parah dengan lonjakan jumlah kasus positif.

Hmm, mimin punya ide nih buat Pak Wapres. Gimana kalau Pak Kiai Ma’ruf sekalian mempromosikan paket wisata vaksin? Paketnya unik sih, yakni dengan vaksinasi sekaligus berwisata di lokasi wisata tertentu.

Mimin kemarin nemu tuh paket wisata vaksin ke Amerika Serikat (AS). Tawarannya adalah kegiatan berwisata ke Los Angeles, AS, sembari menjalani program vaksinasi dengan vaksin buatan Pfizer atau Moderna. Wah, kalau punya duit, menarik tuh. Hehe.

Bisa tuh ditiru, Pak Kiai Ma’ruf. Mungkin, usulan ini bisa tuh diteruskan oleh Pak Wapres ke Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno. Hmm.

Bisa juga tuh dibuat paket wisata vaksin ke Bali atau Raja Ampat. Selain membantu pemulihan ekonomi, paket itu bisa aja meningkatkan ketertarikan masyarakat untuk ikut vaksinasi. Ditunggu ya promosi paket wisatanya, Pak! Hehe. (A43)

Baca Juga: Menyoal Wisata Mistis ala Sandiaga


► Ingin lihat video menarik lainnya? Klik di bit.ly/PinterPolitik

Ingin tulisanmu dimuat di rubrik Ruang Publik kami? Klik di bit.ly/ruang-publik untuk informasi lebih lanjut.

Berita Terkait