Support Us

Available for Everyone, funded by readers

Contribute
E-Book
Home > Celoteh > Saatnya Edo Tensei Soeharto?

Saatnya Edo Tensei Soeharto?


A43 - Friday, June 11, 2021 7:00
Acara Tasyakur Haul 100 Tahun HM Soeharto di Masjid At-Tin, Jakarta, yang dihadiri oleh sejumlah politisi dan pejabat. (Foto: MPR)

0 min read

Setelah tanggal 6 Juni diperingati sebagai hari lahir Soekarno, kini giliran Soeharto untuk diperingati 100 tahun hari lahirnya yang jatuh pada 8 Juni 2021 lalu. Sejumlah pejabat dan politisi – seperti Titiek Soeharto dari Partai Berkarya – mengungkit bahwa Soeharto akan sedih melihat kondisi bangsa saat ini. Apakah ini saatnya melakukan edo tensei?


PinterPolitik.com

Siapa yang nggak tahu siapa Naruto? Ninja asal Desa Konoha tersebut merupakan salah satu ninja yang penuh semangat lho dalam mengejar cita-citanya – meski harus menghadapi berbagai persoalan yang berat dalam hidupnya.

Nah, dalam upaya meraih cita-citanya untuk menjadi seorang hokage – sebutan untuk pemimpin Desa Konoha, Naruto tentunya harus belajar banyak teknik dan skill guna menjadi ninja yang kuat. Ada banyak jutsu yang akhirnya berhasil dipelajarinya – mulai dari jurus seribu bayangan, rasengan, hingga sannin mode.

Selain jutsu yang dipelajari oleh Naruto, ada juga lho jutsu-jutsu lain yang juga kece – bahkan ada yang seram juga lho. Salah satunya adalah jutsu yang dikenal sebagai edo tensei. Jutsu satu ini disebut bisa menghidupkan kembali sosok yang telah meninggal untuk beberapa waktu lho.

Ada beberapa ninja yang pernah menggunakan jutsu ini. Salah satunya adalah Orochimaru yang akhirnya berhasil menghidupkan sejumlah hokage terdahulu – seperti Sarutobi yang merupakan hokage ke-3.

Baca Juga: Ganjar Pranowo dan Memori Soeharto

Satu Abad Soeharto

Hmm, meski edo tensei ini hanya imajinasi si pembuat kisah Naruto, sejumlah politisi sepertinya juga menginginkan edo tensei ini ada di dunia nyata deh. Sosok itu adalah politikus Partai Berkarya yang sekaligus putri dari presiden kedua Soeharto, yakni Titiek Soeharto.

Lha, gimana nggak? Wong Mbak Titiek ini bilang kalau Pak Harto bakal sedih bila melihat kondisi Indonesia saat ini. Salah satu hal yang disinggung adalah soal utang negara yang disebut menumpuk banyak.

Hayoo, gimana tuh, Bu Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati? Bisa-bisa langsung pingsan kalau Bu Ani ketemu dengan edo tensei­-nya Pak Harto tuh. Apa mungkin malah hilang ya? Hehe.

Ya, terlepas dari bayangan akan adanya edo tensei Soeharto, jutsu ini ditengarai juga punya banyak kelemahan lho. Bahkan, kalau kata Itachi Uchiha, ada banyak lho kelemahannya.

Mungkin, jutsu ini mirip zaman Orde Baru kali ya? Meski era tersebut disebut banyak politisi – seperti Titiek Soeharto dan Fahri Hamzah – sebagai era yang penuh kemajuan, ada juga kelemahannya kok. Misal nih, hak berpolitik dan kebebasan berpendapat dalam demokrasi yang dibatasi. Hmm, jadi, kalau menurut kalian, lebih penak zamannya siapa nih, gengs? (A43)

Baca Juga: Garuda Indonesia, Erick dan Warisan Soeharto


► Ingin lihat video menarik lainnya? Klik di bit.ly/PinterPolitik

Ingin tulisanmu dimuat di rubrik Ruang Publik kami? Klik di bit.ly/ruang-publik untuk informasi lebih lanjut.

Berita Terkait