Support Us

Available for Everyone, funded by readers

Contribute
E-Book
Home > Celoteh > Riza Patria, Makcomblang Jokowi-Anies?

Riza Patria, Makcomblang Jokowi-Anies?


F46 - Saturday, June 13, 2020 17:00
Riza Patria, Makcomblang Jokowi-Anies?

0 min read

If I fall, don't bring me back." – Jon Snow, Game of Thrones (2011-2019)


PinterPolitik.com

Dunia politik sangatlah unik. Tidak ada yang bisa memastikan arah politik akan ke mana. Paling-paling, kita cuma bisa memprediksinya saja.

Banyak motif yang terkandung di dalam perilaku setiap aktor yang terlibat di dalamnya. Ia bisa masuk di setiap instrumen kehidupan. Mau perjodohan, perundingan, olahraga, harga jual ikan di pasar, sampai perfilman semua bisa dimasukinya.

Nah, yang terakhir nih paling mimin demen, mumpung lagi musim #dirumahaja, jadi lagi banyak makan film. Kalian pasti tahu Game of Thrones dong.

Meski sudah tamat dari tahun lalu dengan kumpulan season dan episode yang bejibun, mimin nggak henti-hentinya melihat cuplikan-cuplikan dalam film itu. Soalnya, banyak sih plot yang bisa menggambarkan kondisi politik Indonesia hari ini.

Nah, kali ini coba deh mimin ambil karakter Jon Snow yang akan coba mimin replika buat ngebaca sosok Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria. Maaf ya, fans-nya Jon Snow.

For your information dulu nih, Pak Riza akhir-akhir ini mulai keluar suaranya setelah lama doi diem-diem bae mengenai tarik ulur penanganan Covid-19 antara Pemerintah Provinsi (Pemprov DKI Jakarta) dengan Istana. Wagub yang menggantikan Sandiaga Uno ini baru kemarin melempar pujian terhadap Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Begini kata beliau, "Pak Presiden (Jokowi) menyampaikan kita hidup berdamai dengan virus. Betul, kita hidup berdampingan, karena virus itu ada dalam tubuh kita. Hari-hari ini kita ada virus, jadi kita harus bisa hadapi dengan meningkatkan kesehatan diri."

https://www.instagram.com/p/CBHiUDqB8_9/

Coba deh, gengs, diamatin secara mendalam. Statement-nya Pak Riza ini gak ada kritis-kritisnya sama sekali kan terhadap Istana. Bahkan, nggak hanya berdamai saja sih menurut mimin, pernyataan Bang Riza mah sudah menjurus ke “salaman dengan virus” deh.

Lho, kenapa nih Bang Riza kok tiba-tiba bersuara? Kemarin-kemarin, ke mana Bang? Apa jangan-jangan membaca peta politik antara Ibu Kota dengan Istana, ya? Upsss.

Ya udah lah, terlepas dari Pak Riza ngapain saja selama ini, mimin nggak perlu kepo nanti dikira mau merapat kan. Hahaha. Apa yang substantif adalah sebenarnya doi ini sejak terpilihnya menjadi Wakil Gubernur tuh punya motif apa sih, cuy?

Karena begini lho, doi ini kan dari Gerindra. Dan, Gerindra itu identik dengan tokoh karismatiknya, yakni Pak ProbowoSubianto. Sementara, Pak Prabowo saat ini sudah resmi berada di barisan Presiden Jokowi. Itu berarti bisa dikatakan, posisi Pak Riza ini wajar kan kalau dinilai pro-pemerintah, seperti yang tergambar dari statement-nya.

Kalau benar begitu, boleh nggak mimin bilang kalau doi ini sengaja dipasang di sisi Pak Gubernur Anies Baswedansupaya bisa jadi biro jodoh atau jembatan antara Ibu Kota dengan Istana? Jika boleh, mimin jadi ingat plot dalam Game of Thrones, yakni saat Jon Snow masuk ke gerombolan Wildlings untuk menyatukan mereka dengan Castle Black.

Wah, sangar nih kalau strateginya begitu. Jadi mudah rekonsiliasi kan antara Pemprov DKI Jakarta dengan Pemerintah Pusat. Pak Riza bisa jadi makcomblang yang bakal dikenang. Tapi, sebelum nanti melakukan manuver-manuver lagi, ada sedikit nasihat dari Jon Snow yang berbunyi begini, “If I fall, don't bring me back." Jadi jangan sampai jatuh atau gagal, ya, Bang. Upsss. (F46)

https://www.youtube.com/watch?v=duzqhV8V_Jo&t=2s

? Ingin lihat video menarik lainnya? Klik di bit.ly/PinterPolitik

Ingin tulisanmu dimuat di rubrik Ruang Publik kami? Klik di bit.ly/ruang-publik untuk informasi lebih lanjut.

Berita Terkait