Support Us

Available for Everyone, funded by readers

Contribute
E-Book
Home > Celoteh > Risma Ubah Kemensos ‘Jadi’ Surabaya?

Risma Ubah Kemensos ‘Jadi’ Surabaya?


A43 - Wednesday, December 23, 2020 18:00
Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini (Risma) memperingati Hari Jadi Kota Surabaya ke-727 pada Mei 2020 lalu di Kota Surabaya, Jawa Timur. (Foto: Humas Kota Surabaya)

0 min read

“I'm not scared to be seen. I make no apologies. This is me” – Keala Settle, The Greatest Showman (2017)


PinterPolitik.com

Akhirnya, hal yang ditunggu-tunggu banyak orang terjadi juga. Setelah sejak lama berbagai pihak memberikan usulan agar Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan reshuffle pada Kabinet Indonesia Maju – karena sering marah-marah, mantan Wali Kota Solo tersebut akhirnya mengumumkan keputusan serupa.

Tepatnya pada Selasa, 22 Desember, kemarin, Pak Jokowi bersama Wakil Presiden K.H. Ma’ruf Amin mengumumkan enam sosok baru yang bakal mengisi jabatan-jabatan menteri di Kabinet Indonesia Maju – mulai dari Tri Rismaharini (Risma) sebagai Menteri Sosial (Mensos), Sandiaga Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), hingga Muhammad Lutfi sebagai Menteri Perdagangan (Mendag).

Dari nama-nama tersebut, tentunya yang paling banyak mendapat respons dari arek-arek Suroboyo adalah Bu Risma. Gimana nggak? Ibu satu ini kerap dijuluki sebagai emak-nya Surabaya lho.

Nggak sedikit dari mereka memuji langkah Risma untuk menjabat sebagai Mensos lho. Namun, nggak dipungkiri ada juga dong yang melontarkan kritik terhadap rekam jejak beliau sebagai Wali Kota di Surabaya.

Selain disambut baik oleh sejumlah pihak, Bu Risma dikabarkan langsung menyusun sejumlah agenda kebijakan lho. Salah satunya adalah memperbaiki data dan penyaluran bantuan sosial (bansos). Bahkan nih, penyaluran bakal disalurkan via transfer bank lho.

Baca Juga: Jadi Mensos, Risma ‘Kalahkan’ Ahok?

Wajah Baru di Kabinet Jokowi-Ma'ruf

Nah, menariknya nih, sejumlah pihak menilai kalau Bu Risma ini perlu ninggalin gaya kepemimpinannya kala di Surabaya lho. Bahkan, Direktur Eksekutif Indo Barometer M. Qodari menilai kalau emosi Bu Risma bisa aja jadi kelemahan lho.

Hmm, emang sih Bu Risma ini terkenal kalau marah bisa bikin panik orang-orang satu gedung. Bisa-bisa, mereka-mereka yang ada di kantor Kementerian Sosial (Kemensos) ini dapat gebrakan meja dan bentakan ala Bu Risma.

Tapi nih, terlepas dari kemungkinan adanya marah-marah di kantor Kemensos ini, ada lelucon yang bilang kalau gaya kepemimpinan lainnya dari Bu Risma juga bakal terbawa lho. Seperti yang kita ketahui, Surabaya kini dikenal sebagai kota dengan taman yang berisikan tanaman-tanaman indah nan mahal – seperti Tabebuya dan Jacandara.

Coba lihat aja gimana Taman Surya, Balai Kota Surabaya, dan sekitarnya. Isinya pasti tanaman-tanaman hias dengan harga jutaan yang mungkin nggak bisa ditemukan tuh di jalan-jalan Jakarta.

Wah, kalau gitu, apa Bu Risma bakal ngerombak tamannya Kemensos juga nggak ya? Hmm, kalau benar kantor Kemensos bakal ramai tanaman hias yang bagus, bisa-bisa Kemensos bakal berprestasi terus dong – sebagai kantor pemerintahan yang paling bersih dan indah kala lomba kemerdekaan setiap 17 Agustus. Hehe. (A43)

Baca Juga: Jadi Mensos, Risma ‘Tiru’ Khofifah?


► Ingin lihat video menarik lainnya? Klik di bit.ly/PinterPolitik

Ingin tulisanmu dimuat di rubrik Ruang Publik kami? Klik di bit.ly/ruang-publik untuk informasi lebih lanjut.

Berita Terkait