HomeCelotehRisma Perlu “Cubit” Sri Mulyani?

Risma Perlu “Cubit” Sri Mulyani?

Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini (Risma) dianggap tidak mau blusukan ke Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati setelah akhiri kebijakan bantuan sosial (bansos) tunai. Apakah perlu Risma “cubit gemas” Sri Mulyani seperti yang dilakukan mantan Menteri Kelautan dan Perikanan (Men-KP) Susi Pudjiastuti.


PinterPolitik.com

Menyentuh bulan keempat pada tahun 2021 ini, pandemi Covid-19 tampaknya belum juga usai. Bagaimana tidak? Ketika umat Muslim akan merayakan Hari Raya Idulfitri 1442 H dengan pulang ke kampung halaman (mudik), pemerintah Indonesia harus menerapkan sejumlah aturan yang membatasi pergerakan manusia yang besar itu demi mencegah penularan Covid-19.

Belum lagi, terdapat beberapa dampak buruk yang diciptakan oleh pandemi yang tak kunjung usai ini. Salah satunya adalah dampak ekonomi yang banyak menyerang kelompok kelas menengah ke bawah.

Kegiatan ekonomi pun semakin banyak berkurang. Inilah mengapa pemerintah akhirnya memberikan sejumlah stimulus ekonomi, seperti kebijakan bantuan sosial (bansos) tunai yang dijalankan oleh Kementerian Sosial (Kemensos) yang kini dipimpin oleh Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini (Risma).

Tapi nih, uniknya, meski efek yang dirasakan karena pandemi belum selesai, Bu Risma mengumumkan sebuah perubahan kebijakan pada Maret 2021 lalu, yakni dihentikannya kebijakan pemberian bansos tunai.

Sontak saja, banyak tuh kritik yang melayang. Salah satunya datang dari Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid (HNW). Kata Pak HNW nih, Bu Risma dinilai tidak mau blusukan dan menegosiasikan anggaran bansos tunai ke Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati (Ani) tuh.

Baca Juga: Ganjar-Risma: Duo GaRis Merah?

Blusukan Jalan Ninja Risma
- Advertisement -

Waduhnggak salah nih, Pak HNW? Bukannya Bu Risma biasanya suka tuh blusukan? Waktu beberapa hari baru dilantik sebagai Mensos, mantan Wali Kota Surabaya itu langsung lho blusukan ke banyak pojok Jakarta lho. Masa iya sekarang nggak mau blusukanHmm.

Mungkin, Bu Risma bisa tuh marahi Bu Ani. Kan, Bu Mensos paling jago tuh kalau memarahi orang. Ketika bencana alam banjir bandang terjadi di Nusa Tenggara Timur (NTT), misalnya, Bu Risma sampai marah-marah lho ke relawan bencana. Masa ke Bu Ani nggak marah-marah juga? Kan, juga demi kepentingan masyarakat tuh.

Hmm, mungkin Bu Risma perlu nih tiru gaya mantan Menteri Kelautan dan Perikanan (Men-KP) Susi Pudjiastuti. Dulu tuh, kalau Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) susah kebagian anggaran dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Bu Susi bakal “mencubit gemas” Bu Ani lho.

Atau, mungkin, Bu Risma bisa belajar ke Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno nih. Soalnya nih, Bang Sandi dulu juga sempat lho blusukan ke Bu Ani dan mendapatkan anggaran untuk dana hibah pariwisata lho.

Kan, Bu Risma dan Bang Sandi kan satu angkatan tuh masuknya ke Kabinet Indonesia Maju tuhGimana nih, Bu? Blusukan di Jakarta kan nggak cuma ke bantaran Kali Ciliwung. Hehe. (A43)

Baca juga :  Luhut Kena "Sentil" Lagi?

Baca Juga: Mengapa Bu Risma Suka Ngegas?


► Ingin lihat video menarik lainnya? Klik di bit.ly/PinterPolitik

Ingin tulisanmu dimuat di rubrik Ruang Publik kami? Klik di bit.ly/ruang-publik untuk informasi lebih lanjut.

spot_img

#Trending Article

Mampukah Gus Yahya “Jatuhkan” Cak Imin?

Menurut Direktur Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno, untuk pertama kalinya dalam sejarah terjadi hubungan yang tidak mesra antara PKB dengan PBNU. Jika ketegangan terus...

Joe Biden Menginspirasi Prabowo?

Cucu pendiri Nahdlatul Ulama (NU) KH Hasyim Asyari, KH Irfan Yusuf Hakim (Gus Irfan), menyebut KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) pernah berucap bahwa Prabowo...

Jokowi Dijutekin Biden?

Ketika mendarat di Washington DC, Amerika Serikat (AS), tidak ada pejabat tinggi AS yang menyambut Presiden Jokowi. Mungkinkah sang RI-1 tengah tidak dihiraukan atau...

Jakarta-Shanghai, Apple to Apple?

“In the long run, your human capital is your main base of competition. Your leading indicator of where you're going to be 20 years...

Mengapa Jokowi Merasa Kesepian?

Rocky Gerung menyebut batin Jokowi kini tengah kesepian kala momen Hari Raya Idulfitri 1443H. Mengapa Jokowi merasa kesepian?

Megawati sang Profesor

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menerima gelar profesor kehormatan dari Seoul Institute of The Arts (SIA), Korea Selatan. Apakah ini menunjukkan Megawati seorang politisi...

Kenapa Megawati Singgung BTS?

Ketika menerima gelar profesor kehormatan dari Seoul Institute of the Arts (SIA) Korea Selatan (Korsel), Megawati Soekarnoputri menyebut tidak ingin kalah dari cucunya yang...

Mencari Capres Ganteng ala Puan

Ketua DPR RI Puan Maharani sindir soal sosok capres potensial yang dapat dukungan karena ganteng. Siapa capres ganteng yang dimaksud Puan?

More Stories

Cak Imin Bisa “Tenggelam”?

Politikus PKB Umar Hasibuan sebut soal kemungkinan ancaman pembajakan terhadap PKB. Bila terjadi, mungkinkah Cak Imin bisa makin tenggelam?

Elon Musk: The New “Bill Gates”?

Nama CEO SpaceX dan Tesla Elon Musk disorot media usai beli penuh Twitter. Kini, Musk baru saja bertemu Jokowi. Apakah Musk "Bill Gates" baru?

Megawati: Mega-Diplomat untuk Korsel?

Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri hadiri pelantikan dan bertemu Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol. Apakah Megawati adalah Mega-Diplomat?