Support Us

Available for Everyone, funded by readers

Contribute
E-Book
Home > Celoteh > Ridwan Kamil, Titisan Soekarno?

Ridwan Kamil, Titisan Soekarno?


A43 - Thursday, June 3, 2021 12:00
Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil (RK) alias Kang Emil (tengah) membuka Pertemuan Nasional dan Milad ke-30 Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) di Gedung Merdeka, Kota Bandung, Jabar. Gedung tersebut juga menjadi tempat dilaksanakannya Konferensi Asia-Afrika pada tahun 1955 silam. (Foto: Istimewa)

0 min read

Seperti Presiden pertama RI Soekarno, Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil (RK) alias Kang Emil juga merupakan pejabat politik sekaligus arsitek yang suka dengan karya seni seperti lukisan. Apakah Kang Emil adalah titisan Bung Karno?


PinterPolitik.com

“Saya sangat mencintai Bung Karno. Kalau abang-abang main ke pendopo, saya banyak lukisan Bung Karno” – Ridwan Kamil (RK) alias Kang Emil

Kesenian merupakan buah hasil ekspresi atas pemikiran dan imajinasi manusia yang disalurkan ke dalam proses-proses kreatif sehingga menghasilkan keindahan tertentu. Bentuk ekspresi seni manusia dari zaman ke zaman pun terus berubah.

Terkadang, perkembangan seni juga diikuti dengan perubahan sosial dan politik yang terjadi di masyarakat. Abad Pencerahan (Reinassance) yang terjadi pada abad ke-18 di Eropa, misalnya, diikuti dengan perkembangan sosial dan politik yang berdasar pada gagasan kebebasan dan kemajuan.

Ini membuktikan bahwa seni dan politik memiliki keterkaitan satu sama lain. Sampai-sampai nih, PinterPolitik TV sempat lho membuat seri video yang membahas seniman dan politik. Hehe.

Selain itu, ada juga lho pejabat dan pemimpin politik yang ternyata suka dengan hal-hal yang berbau seni. Di Amerika Serikat (AS), misalnya, ada sejumlah presiden – seperti Ulysses S. Grant, Dwight Eisenhower, Jimmy Carter, dan George W. Bush – yang ternyata punya hobi melukis.

Nggak hanya presiden-presiden AS, Indonesia juga pernah lho punya presiden yang hobi dengan karya-karya seni. Beliau adalah Presiden pertama Indonesia Soekarno. Sampai-sampai, Bung Karno punya koleksi berbagai lukisan lho.

Baca Juga: Ridwan Kamil Jadi Hyung?

Nah, di masa kini, tampaknya, ada juga tuh pemimpin dan politikus yang nyeni. Politikus tersebut adalah Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil (RK) alias Kang Emil lho. Gimana nggak? Kalau mimin perhatikan di akun Instagram-nya nih, Kang Emil ini sering lho menunjukkan hasil karyanya.

Beberapa waktu lalu, misalnya, Kang Emil memamerkan pakaian-pakaian batik yang didesainnya dan dikenakan oleh personel boyband K-Pop Super Junior. Selain itu, baru-baru ini, Kang Emil juga pamer lukisan karyanya sendiri di akun Instagram.

Wah, nyeni banget dah Kang Emil ini. Jempol lah kalau soal kesenian. Sampai-sampai, mimin bertanya-tanya nih. Apa mungkin Kang Emil ini menjadikan Bung Karno sebagai life inspiration banget ya?

Soalnya nih, selain sama-sama suka hal-hal yang berbau seni, keduanya juga arsitek lho. Selain itu, keduanya juga sama-sama lulusan kuliah dari Institut Teknologi Bandung (ITB) lho. Waduh, apa Kang Emil ini ternyata titisan Bung Karno ya?

Hmm, susah sih buat menjawab pertanyaan tersebut. Yang jelas, Kang Emil emang kerap sih disebut oleh sejumlah netizen mirip dengan Bung Karno. Selain itu, Gubernur Jabar tersebut juga pernah bilang kalau dirinya mengidolakan sosok presiden pertama itu.

Tapi nih, sepertinya nih, ada seni lain yang juga dikuasai oleh Bung Karno, yakni seni berpolitik. Kalau Soekarno jago, Kang Emil juga bisa nggak ya mengikuti jejak keahlian seni politiknya Bung Karno – misal nih untuk menjadi calon presiden (capres) pada tahun 2024 mendatang? Hehe. (A43)

Baca Juga: Ridwan Kamil-Sandiaga Uno Untuk 2024?


► Ingin lihat video menarik lainnya? Klik di bit.ly/PinterPolitik

Ingin tulisanmu dimuat di rubrik Ruang Publik kami? Klik di bit.ly/ruang-publik untuk informasi lebih lanjut.

Berita Terkait