Support Us

Available for Everyone, funded by readers

Contribute
E-Book
Home > Celoteh > Ridwan Kamil Akhirnya Ungguli Sandiaga?

Ridwan Kamil Akhirnya Ungguli Sandiaga?


A43 - Friday, July 23, 2021 16:00
Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil (RK) alias Kang Emil berpose bersama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno ketika bertemu di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Jabar. (Foto: Radar Cirebon)

0 min read

Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil (RK) alias Kang Emil mengunggah sebuah video di media sosial (medsos) untuk menunjukkan penggunaan masker yang benar – dengan bumbu gaya ala Khaby Lame. Sementara, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengunggah video dirinya yang membuat cover atas tren “Welcome to Indonesia”. Siapa yang lebih unggul di TikTok?


PinterPolitik.com

TikTok. Ini adalah sebuah nama aplikasi media sosial (medsos) berbasis konten video yang sempat kontroversial di Indonesia. Bahkan, aplikasi ini sempat diblokir lho oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) pada tahun 2018 lalu.

Katanya sih, aplikasi ini membawa dampak buruk terhadap generasi muda. Bahkan, ada juga sejumlah orang di generasi milenial ke atas yang menuding TikTok sebagai aplikasi medsos yang “norak” dengan konten-konten video jogetnya.

Namun, ternyata, kini hampir semua orang meng-install aplikasi ini di gawai pintarnya. Bahkan, mereka yang disebut sebagai bagian dari generasi baby boomers sekarang malah ikutan keranjingan dengan konten dan tren yang ada di TikTok.

Gimana nggak? Tanpa kita sadari, konten-konten yang ada di aplikasi itu mulai memasuki medsos-medsos lainnya. Di Twitter dan Instagram, misalnya, konten-konten yang berasal dari TikTok malah ikut menjadi trending.

Kini, para pejabat dan politisi malah ikutan tuh main TikTok. Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo, misalnya, kini memiliki akun TikTok yang berisikan video-video soal kegiatannya sehari-hari.

Nggak hanya Pak Ganjar, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno pun kini juga memiliki akun di TikTok. Siapa yang ngikutin Bang Sandi, hayo?

Baca Juga: Sandiaga, the King of Blusukan?

Media Sosial Sandiaga Uno Ridwan Kamil

Soalnya tuh, beberapa waktu lalu, Bang Sandi baru aja ikut challenge #WelcometoIndonesia juga lho. Di situ, Pak Menparekraf bernyanyi sambil mempromosikan pariwisata dan budaya Indonesia lho. Kalian aja lah ya yang menilai bagus nggak-nya. Hehe.

Nah, selain Bang Sandi dan Pak Ganjar, ada juga tuh Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil (RK) alias Kang Emil. Dalam salah satu akun medsosnya, Kang Emil mengunggah video soal penggunaan masker dengan baik tuh.

Uniknya, di ujung video, Gubernur Jabar itu menirukan gaya akhir ala Khaby Lame, seorang TikToker populer. Widih, up-to-date aja nih Kang Emil soal apa-apa yang nge-tren di TikTok. Apa iya nih Kang Emil bakal bisa ngegantiin posisi Papa Online-nya Bang Sandi? Wah wah.

Ya, terlepas dari siapa yang lebih unggul, gaya Kang Emil di akhir video itu membuat mimin berpikir nih. Kan, Khaby ini selalu membuat konten yang mengkritik video-video lifehack. Soalnya, banyak juga tuh video lifehack yang malah bikin hidup menjadi makin rumit. Justru, Khaby muncul dengan menawarkan solusi yang simple tapi ngena gitu lho.

Mungkin nih, filosofi Khaby ini juga perlu tuh diterapin oleh pemerintah Indonesia. Pasalnya, kalau kita amat-amati nih ya, makin ke sini, berbagai kebijakan pemerintah ini kok makin ruwet ya? Coba aja pemerintah meniru metode ala Khaby ya. Hehe. (A43)

Baca Juga: Ridwan Kamil Jadi Gymshark?


► Ingin lihat video menarik lainnya? Klik di bit.ly/PinterPolitik

Ingin tulisanmu dimuat di rubrik Ruang Publik kami? Klik di bit.ly/ruang-publik untuk informasi lebih lanjut.

Berita Terkait