Support Us

Available for Everyone, funded by readers

Contribute
E-Book
Home > Celoteh > Perang Sannin: Megawati vs Amien Rais

Perang Sannin: Megawati vs Amien Rais


A43 - Friday, March 26, 2021 17:00
Amien Rais (kiri) dan Megawati Soekarnoputri (kanan). (Foto: Istimewa)

0 min read

Ketua Umum (Ketum) PDIP Megawati Soekarnoputri membalas pernyataan pendiri Partai Ummat Amien Rais soal isu tiga periode Presiden Joko Widodo (Jokowi). Apakah akan terjadi Perang Sannin antara Megawati dan Amien Rais?


PinterPolitik.com

Siapa yang nggak pernah nonton anime? Hampir semua pasti setidaknya pernah dengar lah ya sejumlah judul anime asal Jepang. Salah satu judul yang populer adalah Naruto.

Sebagai seorang ninja, Naruto Uzumaki harus belajar banyak dong – khususnya berbagai jutsu. Apalagi, Naruto punya impian untuk menjadi seorang hokage (pemimpin desa Konoha).

Guna mewujudkan impian itu, tentunya Naruto memerlukan guru yang bisa mendidiknya. Salah satunya adalah seorang ninja senior (sannin) yang bernama Jiraiya.

Nah, si Jiraiya ini merupakan salah satu ninja senior selain Orochimaru dan Tsunade tuh. Mereka mulanya berasal dari tim ninja yang sama. Namun, karena berbagai hal, Jiraiya, Orochimaru, dan Tsunade jadi nggak sejalan lagi tuh.

Hmm, mungkin nih, apa yang dilalui oleh Tsunade, Jiraiya, dan Orochimaru ini mirip-mirip lah ya dengan aktor-aktor politik di Indonesia. Sosok-sosok yang disebut sebagai empat tokoh Reformasi yang berperan penting dalam peristiwa yang terjadi pada tahun 1998. Di antaranya adalah Megawati Soekarnoputri, Amien Rais, Abdurrahman Wahid (Gus Dur), dan Sultan Hamengkubuwana X.

Baca Juga: Megawati Minta PDIP Belajar dari Kodok

Kung Fu Mega untuk Amien Rais

Nah, meski dulunya berada di kubu yang sama, kini keduanya tampak memiliki posisi politik yang berseberangan nih. Soalnya nih, setelah Pak Amien melontarkan isu kemungkinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang bisa menjabat untuk periode ketiga, Bu Mega langsung menangkis apa yang dibilang oleh pendiri Partai Ummat tersebut. “Yang omong itu yang ingin sebetulnya,” ujar Bu Mega.

Wah, apa saling sindir ini bakal jadi perang antar-sannin kayak yang terjadi di seri anime Naruto ya? Tsunade dan Orochimaru, misalnya, sampai saling bermusuhan dan bertanding di banyak kesempatan. Apakah Megawati vs Amien ini semacam Tsunade vs Orochimaru?

Hmm, tapi nih, para sannin di seri anime satu ini biasanya memiliki sejumlah anak didik. Tsunade, misalnya, memiliki anak didik yang bernama Sakura. Begitu juga Orochimaru yang juga menjadikan Sasuke sebagai anak didiknya.

Wah, kalau dibandingin dengan Bu Mega dan Pak Amien sepertinya agak berbeda nih. Bila Bu Mega punya banyak “anak didik” – seperti Jokowi dan Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini, Pak Amien sepertinya belum punya “anak didik” yang menjanjikan secara politik.

Kalau gini caranya, Partai Ummat bisa nggak nih memenangi perang sannin kali ini, Pak Amien? Menarik nih menunggu langkah Pak Amien untuk menemukan “anak didik” yang bisa punya elektabilitas yang cukup tinggi. (A43)

Baca Juga: Di Balik Pertemuan Jokowi dan Amien Rais


► Ingin lihat video menarik lainnya? Klik di bit.ly/PinterPolitik

Ingin tulisanmu dimuat di rubrik Ruang Publik kami? Klik di bit.ly/ruang-publik untuk informasi lebih lanjut.

Berita Terkait